Arus Balik Idul Adha, Tol Cipularang Tersendat

Written By Unknown on Selasa, 30 Oktober 2012 | 09.35

Jalur tengkorak di Km 97 ruas Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (15/9). Perbaikan dan perawatan jalan dilakukan di jalur tengkorak antara Km 90 sampai 100. TEMPO/Prima Mulia

Senin, 29 Oktober 2012 | 20:31 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Arus balik menyebabkan ruas tol Cipularang arah ke Jakarta tersendat total pagi ini, Senin, 29 Oktober 2012. Menurut Kepala Pusat Komunikasi Pusat PT Jasa Marga, Wasta Gunadi, kemacetan telah terjadi sejak pukul 21.00 WIB kemarin malam dan baru terurai memasuki pukul 10.00 WIB pagi ini.

"Pusat kemacetan berada di daerah Dauan, karena daerah tersebut merupakan titik pertemuan kendaraan dari arah Bandung dan Cikampek menuju Jakarta," kata Wasta saat dihubungi Senin, 29 Oktober 2012. Ia menjelaskan karena padatnya volume kendaraan yang melewati Tol Cipularang, petugas tol Jasa Marga samapi kewalahan dan penumpukan pun tidak dapat dihindari.

Pihak Jasa Merga menduga, libur Idul Adha di hari Jumat dan libur kerja pada Sabtu dan Ahad menyebabkan penduduk Jakarta yang merupakan pepnduduk pendatang dari luar Jakarta, pergi mudik dan baru kembali ke Jakarta mulai Minggu malam hingga Senin pagi hari. Tol tersebut, kata Wasta, memang menjadi tol penghubung Jakarta dengan ruas jalan menuju menuju luar Jakarta. Sehingga sering kali terjadi padat saat arus mudik dan arus balik.

Sayangnya, ia masih belum dapat memberikan data volume kendaraan yang melewati Tol Cipularang mulai malam tadi hingga hari ini. "Baru besok kami bisa memaparkan data volume kendaraannya," kata Wasta. Ia memperkirakan terjadi lonjakan volume kendaraan berkali-kali lipat.

Wasta mengatakan, pada kondisi normal, rual tol tersebut biasa dilalui oleh 13 ribu kendaraan per hari. Sedangkan ruas tol Cikampek biasa dilalui oleh 300 ribu kendaraan per hari.

RAFIKA AULIA
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Arus Balik Idul Adha, Tol Cipularang Tersendat

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/arus-balik-idul-adha-tol-cipularang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Arus Balik Idul Adha, Tol Cipularang Tersendat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Arus Balik Idul Adha, Tol Cipularang Tersendat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger