Disability Corner Perpus UI Jadi Korean Corner

Written By Unknown on Jumat, 12 Oktober 2012 | 09.35

Jum''at, 12 Oktober 2012 | 06:57 WIB

TEMPO.CO , Depok - Ada yang berbeda dari perpustakaan Universitas Indonesia. Perpustakaan yang memiliki nama "The Crsytal of Knowledge" kini memiliki sudut baru bernama Korean Corner.

"Itu kayak pusat budaya yang kerjasama antara Korea dan Indonesia," ujar Leonella Tetriana, mahasiswa magang di Pusat Kajian Disabilitas (Puska) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Kamis, 11 Oktober 2012.

Tapi keberadaan Korean Corner ternyata mengambil tempat penyandang cacat yaitu Disability Corner. Fakta itu menyesakkan bagi Leonella. Sebab pada bulan Desember, Puska berencana menggelar acara serah terima di Disability Corner.

Sudut untuk peyandang cacat memang tidak besar. Luasnya sekitar tiga kali empat meter. "Hanya ruangan saja, belum ada fasilitas di dalamnya," kata mahasiswa Sosiologi ini.

Tapi dari awal perpustakaan berdiri, ruangan ini sudah ada. "Tiba-tiba ada SK Rektor yang mengubah alih fungsinya, tanda tangan langsung dari Pak Gumilar," Ia mengungkapkan. Gumilar Rusliwa Somantri adalah Rektor Universitas Indonesia yang masa tugasnya akan berakhir tahun ini.

Jaka Ahmad, trainer di Puska mengakui Disability corner di perpustakaan UI jarang disambangi oleh para penyandang cacat. "Sosialisasinya juga kurang," ujar dia. Selain banyak yang belum tahu, ruang tersebut juga masih belum lengkap. "Soalnya untuk melengkapi memang butuh biaya mahal," kata pria yang juga penyandang tunanetra.

Misalnya saja printer braille yang akan mereka pasang, harganya mencapai Rp 30 juta satu unit. Belum lagi proses pembeliannya yang memakan waktu hingga dua pekan. "Jadi butuh waktu untuk melengkapi fasilitas di sana," ujar Jaka.

Selain masalah tempat, menurut Jaka, Universitas dengan jas berwarna kuning ini juga ternyata tak memiliki data resmi mahasiswa penyandan cacat. "Kami hanya mencatat ada 10 orang itu pun dari jaringan pertemanan dan tanya sendiri ke tiap fakultas," kata dia. Ketika Jaka menanyakan data resmi ke rektorat, ternyata tidak ada catatan resminya.

DIANING SARI

Berita terpopuler lainnya:
Perselingkuhan Ibu Negara Prancis Terungkap
Neneng Sri Wahyuni Cemburu Kepada Angie
Wakapolri Akui Ada Korupsi di Kepolisian 
Uma Thurman Bintangi Film Beradegan Seks Nyata 
Ditanya Soal Anas, Angie Sesenggukan
Yang Diinginkan Wanita Sebelum Bercinta 


Anda sedang membaca artikel tentang

Disability Corner Perpus UI Jadi Korean Corner

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/disability-corner-perpus-ui-jadi-korean.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Disability Corner Perpus UI Jadi Korean Corner

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Disability Corner Perpus UI Jadi Korean Corner

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger