Jam 00.00 Jabatan Fauzi Bowo dan Prijanto Berakhir  

Written By Unknown on Minggu, 07 Oktober 2012 | 09.35

Minggu, 07 Oktober 2012 | 05:01 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Tepat pukul 00.00 WIB, memasuki Ahad, 7 Oktober2912, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Wakil Gubernur Prijanto sudah habis masa jabatannya. Namun, Gubernur Joko Widodo dan Wakilnya Basuki belum dapat dilantik, karena ada masalah administrasi.

Menurut juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenek, untuk menggisi kekosongan jabatan tersebut, pelaksana tugas harian kepala daerah akan diambil alih oleh Sekretaris Daerah. Hal ini, menurut Reydonnyzar, mengacu pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhetian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

"Tepatnya pasal 35 dalam UU Nomor 32 dan PP Nomor 6 pasal 131 ayat 4 yang berbunyi dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala dan wakil kepala daerah, Sekretaris Daerah menjadi pelaksana tugas sehari-hari," kata dia kepada Tempo.

Namun, menurut dia, Sekretaris Daerah sebagai pelaksana tugas harian tidak boleh mengambil keputusan yang bersifat strategis. Pelaksana harian ini ditunjuk agar tidak terjadi kekosongan hukum. "Jadi pelaksana hariannya sampai dilantiknya kepala dan wakil kepala daerah terpilih, paling tidak sampai seminggu," ujarnya.

Reydonnyzar menambahkan, Kementerian Dalam Negeri telah menyampaikan surat penunjukan Sekretaris Daerah sebagai pelaksana harian kepala daerah untuk sementara pada Jumat, 5 Oktober 2012. Mulai pukul 00.01, Sekretaris Daerah jadi pelaksana harian.

Ia pun menegaskan, pada 7 Oktober tidak ada serah terima jabatan. "Tidak ada serah terima jabatan hari ini. Mungkin hanya acara internal Pemda DKI saja," katanya.

AFRILIA SURYANIS

Terpopuler:
Jokowi Janji Takkan Rombak Pejabat DKI
Diundang Foke, Jokowi Bilang Hubungannya Mesra
Foke Sudah Rencanakan Undang Jokowi 2 Pekan Lalu 
Panwaslu Terima Aduan Pelanggaran Hingga 7 Oktober
PDIP Janji Tak Akan Intervensi Jokowi


Anda sedang membaca artikel tentang

Jam 00.00 Jabatan Fauzi Bowo dan Prijanto Berakhir  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/jam-0000-jabatan-fauzi-bowo-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jam 00.00 Jabatan Fauzi Bowo dan Prijanto Berakhir  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jam 00.00 Jabatan Fauzi Bowo dan Prijanto Berakhir  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger