Jokowi Didesak Buat Standar Layanan Transjakarta

Written By Unknown on Senin, 29 Oktober 2012 | 09.35

Seorang mekanik dari Korea memeriksa tabung gas pada bus Transjakarta di Pool Kramatjati, Jakarta, Kamis (18/10). TEMPO/Toni Hartawan

Senin, 29 Oktober 2012 | 03:53 WIB

TEMPO.CO , Jakarta:Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo didesak segera menerbitkan standar pelayanan minimum (SPM) bagi pengelolaan Transjakarta. Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Sudaryatmo mengatakan tidak adanya SPM ini sering membuat konsumen mengeluh.

"Di dalam SPM ini akan mengatur bagaimana teknis pelayanan termasuk hal seperti perawatan dari armada," kata Sudarytamo ketika dihubungi Tempo, Ahad, 28 Oktober 2012.

Menurut dia, YLKI sudah pernah mendorong mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo untuk segera menerbitkan SPM tetapi hingga sekarang belum terealisasi.Padahal masyarakat Jakarta sangat sensitif dengan pelayanan, misalnya lamanya waktu tunggu bus.

Sudaryatmo memberi contoh SPM ini membuat masyarakat bisa mendapatkan hak minimal untuk tahu berapa lama lagi bus akan datang. Meskipun telat tetapi ada kepastian. Adanya SPM ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik sehingga wajib diadakan. "Kosekuensi dari tidak adanya SPM ya seperti saat ini banyak keluhan dan Transjakarta tidak berkembang," katanya.

Direktur Eksekutif Masyarakat Transportasi Indonesia ( MTI ) Pandit Pranggana memperkirakan begitu SPM ini diterbitkan akan banyak pihak yang kaget. "Mulai dari operator hingga penyedia bus," katanya. "Padahal dengan adanya SPM maka masyarakat bisa ikut mengevaluasi kinerja Transjakarta untuk kebaikan bersama."

SYAILENDRA

Berita Terpopuler
Jokowi: Sekarang Saya Jadi Orang Betawi 
Tokoh Nasionalis ini, Kakek dari Dian Sastro 
Densus 88 Juga Sita Sekantong Daging Kurban
Gugatan Polri ke KPK Dinilai Aneh 
Acer Siap Sambut Windows 8


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Didesak Buat Standar Layanan Transjakarta

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/jokowi-didesak-buat-standar-layanan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Didesak Buat Standar Layanan Transjakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Didesak Buat Standar Layanan Transjakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger