Kabupaten Tangerang Bangun Terminal Utama

Written By Unknown on Selasa, 30 Oktober 2012 | 09.35

Selasa, 30 Oktober 2012 | 03:51 WIB

TEMPO.CO , Tangerang: Pemerintah Kabupaten Tangerang akan membangun terminal tipe A, antar kota antar provinsi yang pertama di wilayah itu. Pembangunan terminal yang dibangun di atas lahan seluas 5 hektar di Desa Kadu, Kelurahan Bitung, Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang ini dimulai pada 2013.

"Ini akan menjadi terminal tipe A, pertama di Kabupaten Tangerang," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Syafrudin, kepada Tempo, Senin, 29 Oktober 2012.

Menurut Syafrudin, terminal tipe ini akan menjadi terminal terbesar di wilayah itu yang akan melayani pemberangkatan dan pemberhentian bus antar kota antar provinsi dengan kapasitas hingga ratusan bus berbadan besar, sedang, dan minibus.

Pemerintah Kabupaten Tangerang, menurut dia, telah melakukan studi kelayakan untuk pembangunan terminal tersebut. "Dari sisi lokasi, kelayakan tempat, anggaran hingga persoalan teknis sudah memenuhi syarat," katanya.

Hanya saja, Syafrudin belum mengetahui berapa besar anggaran pembangunan terminal tersebut. "Untuk anggaran sepenuhnya akan ditanggung pemerintah pusat (Kementrian Perhubungan), pemda hanya menyediakan lahannya saja, untuk lahan memang sudah dibebaskan," katanya.

Dia menambahkan, pembangunan terminal tipe A ini akan menjawab kebutuhan infrastruktur transportasi di Kabupaten Tangerang. Sebab, sejak tujuh kecamatan potensial yang meliputi, Serpong, Serpong Utara, Ciputat, Ciputat Timur, Pondok Aren, Pamulang, dan Setu yang kini memisahkan diri menjadi Kota Tangerang Selatan sebagai pemerintahan induk, Kabupaten Tangerang harus rela melepaskan sejumlah asetnya, seperti Terminal Pondok Cabe dan Terminal Ciputat yang saat ini menjadi satu-satunya terminal di Kabupaten Tangerang.

"Dengan terbentuknya Tangerang Selatan, praktis Kabupaten Tangerang tidak ada terminal," katanya.

Kabupaten Tangerang pernah membangun terminal tipe B di Sentiong, Balaraja. Namun, saat ini terminal tersebut seperti mati suri karena tidak digunakan dengan efektif. Bahkan fungsinya diubah menjadi Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tangerang.

Untuk mengganti terminal tipe B antar kota/kabupaten tersebut, Kabupaten Tangerang berencana membangun kembali di lokasi yang berbeda. Lokasi yang dipilih adalah Desa Kawidaran, Kecamatan Cikupa. "Untuk terminal tipe B ini sudah disiapkan lahan seluas 3 hektar," kata Syafrudin.

Dia mengakui, pembangunan terminal tipe A dan B tersebut belum menjawab seluruhnya kebutuhan infrastruktur transportasi di 29 kecamatan di wilayah itu. Untuk itu, kata dia, dibutuhkan pembangunan terminal tipe C di setiap kecamatan.

JONIANSYAH

Terpopuler:
Jokowi Didesak Buat Standar Layanan Transjakarta
Polisi Geladah Warnet Terduga Teroris di Bogor 
Terduga Teroris Palmerah Diincar Selama Sepekan 
Jakarta Diancam Kelompok Hasmi, Polisi Biasa Saja 
Transjakarta Siapkan 66 Bus Baru untuk 2013


Anda sedang membaca artikel tentang

Kabupaten Tangerang Bangun Terminal Utama

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/kabupaten-tangerang-bangun-terminal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kabupaten Tangerang Bangun Terminal Utama

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kabupaten Tangerang Bangun Terminal Utama

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger