Tim Ahli Periksa Kelayakan Tabung Gas Transjakarta  

Written By Unknown on Rabu, 17 Oktober 2012 | 09.35

Rabu, 17 Oktober 2012 | 08:57 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Tim ahli dari NK Co Ltd Korea, didampingi Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Korindo Heavy Industry, mulai memeriksa kelayakan tabung gas bus Transjakarta, Rabu, 17 Oktober 2012. Pengecekan dilakukan terhadap seluruh tabung gas dari 69 armada Transjakarta yang beroperasi di koridor IX dan X. "NK Korea selaku produsen tabung-tabung tersebut akan memastikan apakah tabung aman digunakan atau tidak," ujar General Manager PT. Korindo Heavy Industry, Lee Jong Cheol.

Pemeriksaan ini merupakan buntut dari ledakan tabung gas bus Transjakarta di stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) Pinang Ranti pada 20 Oktober tahun lalu. Hasil uji laboratorium Departemen Metalurgi Universitas Indonesia menyatakan ledakan terjadi karena kualitas tabung di bawah standar. Bus itu adalah satu dari 69 bus yang dibeli Dinas Perhubungan dari Korindo pada 2010 lalu. Diduga kualitas tabung pada 68 bus lain yang satu paket pembelian dengan bus nahas tersebut juga di bawah standar dan rentan meledak.

Ernie Kim, Ketua tim ahli dari NK Korea, mengatakan bahwa pengecekan kualitas tabung meliputi pengamatan visual, uji fisik, dan pemeriksaan komposisi kimia tabung. Mereka akan memeriksa secara visual dan fisik tabung gas di dua lokasi, yaitu pul bus Transjakarta Bianglala Metropolitan (BMP) di Cawang dan Trans Mayapada Busway (BMP) Kramat Jati, Jakarta Timur. "Kami targetkan pemeriksaan tabung enam bus per hari, sehingga dalam 12 hari bisa selesai," katanya.

Pemeriksaan laboratorium terhadap komposisi tabung tidak dilakukan di Indonesia. "Kami akan membawa sejumlah sampel tabung ke Korea," ujarnya.

Ledakan tabung gas bus Transjakarta di Pinang Ranti tahun lalu juga menimbulkan banyak pertanyaan karena usia bus baru satu tahun beroperasi. Berbulan-bulan setelah ledakan, Dinas Perhubungan dan Korindo tak kunjung menguji kualitas tabung untuk memastikan keamanan tabung pada 68 bus lain. Korindo atas izin Dinas Perhubungan hanya mengecek ulang instalasi tabung, sedangkan tabung tak kunjung disentuh.

Dinas Perhubungan baru mengeluarkan surat perintah pada Korindo untuk pengujian tabung pada 10 Agustus lalu, setelah Majalah Tempo menginvestigasi dugaan cacatnya tabung pada puluhan bus yang dipasok Korindo (Baca: Tabung Cacat di Bus Trans-Jakarta, Majalah Tempo edisi 24 September 2012). Selanjutnya, baru pekan lalu Korindo memastikan pengujian ulang kualitas tabung dilakukan mulai hari ini.

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta, Azas Tigor Nainggolan, berharap pengujian ulang tabung tak hanya melibatkan produsen, tapi menyertakan lembaga independen. "Agar hasilnya bisa lebih terpercaya," katanya. Namun, hingga hari ini tim pemeriksa tabung hanya terdiri dari tiga tenaga ahli dari NK Korea.

AGUNG SEDAYU

Berita Terpopuler
Seperti Apa Impian Jokowi Soal Metromini?
Penyebar Foto Seksi Novi Terancam Pidana
Pagi Ini, Jokowi Nempel SBY di Kemayoran
Jokowi Pilih Lanjutkan Monorail
Hakim Yang Ditangkap di Hayam Wuruk Berinisial PW
Esemka untuk Mobil Dinas Jokowi Disiapkan


Anda sedang membaca artikel tentang

Tim Ahli Periksa Kelayakan Tabung Gas Transjakarta  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/tim-ahli-periksa-kelayakan-tabung-gas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tim Ahli Periksa Kelayakan Tabung Gas Transjakarta  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tim Ahli Periksa Kelayakan Tabung Gas Transjakarta  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger