Harga Tiket Monorel Rp 10 Ribu

Written By Unknown on Kamis, 20 Juni 2013 | 09.35

Pondasi besi proyek Monorel yang mangkrak di kawasan Senayan, Jakarta. semenjak 2007 akan dilanjutkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang direncakanan rampung tiga tahun ke depan, (19-10). ANTARA/Andika Wahyu

TEMPO.CO, Jakarta--PT Jakarta Monorail menargetkan harga tiket untuk moda transportasi massal cepat jenis monorel yang akan dibangunnya nanti sebesar US$ 1 atau sekitar Rp 9.500-10 ribu per penumpang. "Dengan kisaran harga ini, kami ingin menyentuh masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah," kata Direktur Teknis PT Jakarta Monorail, Bovananto, Rabu 19 Juni 2013.

Dalam penetapan tarif ini, Bovananto menambahkan, inovasi akan dilakukan seperti sistem tarif progresif. Adapun pengembangan bisnis lewat Transit Oriented Development (TOD) sudah dirancang di empat titik, yakni Dukuh Atas, Kampung Melayu, Tebet, dan Palmerah.

Sejauh ini, Jakarta Monorail memang masih menargetkan 60 persen pendapatannya berasal dari tiket. Sisanya dari pengembangan bisnis yang terhubung dengan moda transportasi lainnya lewat konsep TOD itu. Di Dukuh Atas, misalnya, monorel akan bergabung dengan moda transportasi lain, seperti mass rapid transit, commuter line, dan busway.

Banyu Biru Djarot, Direktur Ortus Holdings—perusahaan pemegang saham mayoritas di PT Jakarta Monorail—menyatakan sudah siap memberikan modal kepada proyek senilai Rp 8 triliun itu. Proyek pembangunan fisik pada tiang-tiang yang selama ini mangkrak dipastikan dimulai pada tahun ini juga dan rampung dalam tiga tahun ke depan.

Monorel rencananya dibangun dalam dua jalur, yakni green line sepanjang 14,3 kilometer dengan rute Kampung Melayu-Taman Anggrek, dan blue line sepanjang 12,5 kilometer yang melintasi kawasan Kuningan-Gatot Subroto-Asia Afrika-Pejompongan-Dukuh Atas-kembali ke Kuningan.

Sebagai bukti keseriusan, replika monorel senilai Rp 50 miliar itu akan dipamerkan di Lapangan Monas, mulai 22 Juni sampai 14 Juli 2013. "Ini langkah nyata kami. Jadi monorel tidak hanya menjadi mitos urban," kata Banyu.

SUTJI DECILYA

Terhangat:
EDSUS HUT Jakarta | Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah


Baca juga:

Ahok Minta Relawan PMI Ada di Setiap RT
Wali Kota Solo Menolak Penyaluran BLSM
BLSM Paling Cepat Dibagikan Juni 
Jokowi Tak Setuju BLSM, Ini Kata Mendagri


Anda sedang membaca artikel tentang

Harga Tiket Monorel Rp 10 Ribu

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/06/harga-tiket-monorel-rp-10-ribu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Harga Tiket Monorel Rp 10 Ribu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Harga Tiket Monorel Rp 10 Ribu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger