Lelang Camat Lurah Selesai, Lelang Lain Menyusul

Written By Unknown on Sabtu, 29 Juni 2013 | 09.36

Suasana tes seleksi lelang jabatan untuk lurah dan camat tahap kedua di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (7/5). Ujian kompetensi tahap satu sudah diadakan pada 27-28 April yang lalu. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta sedang menyiapkan proses seleksi terbuka untuk jabatan-jabatan lain. Berakhirnya proses lelang jabatan atau seleksi terbuka untuk jabatan camat dan lurah kemarin rupanya baru menandai dimulainya usaha reformasi birokrasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kepala BKD DKI Jakarta I Made Karmayoga mengatakan dirinya dan tim sedang menginventarisasi posisi-posisi yang layak menggunakan metode seleksi terbuka. "Sejauh ini yang memungkinkan adalah posisi kepala puskesmas, kepala sekolah, dan kepala rumah sakit," kata dia ketika dihubungi, Jumat, 28 Juni 2013.

Sistem seleksi terbuka, kata Made, memberi kesempatan lebih besar kepada pekerja berusia produktif untuk menempati posisi strategis. Soalnya para kandidat bisa bersaing secara adil. Tak lagi bergantung pada subjektivitas atasan.

Sementara itu dalam pola karier tertutup, perkembangan karier pegawai negeri sipil berjalan sangat lambat. "Pada akhirnya karena sudah terlalu lama, kinerja jadi menurun," ujar Made.

Dia mengatakan, pola seleksi terbuka seperti ini sangat dibutuhkan di lingkungan Pemerintah Ibu Kota agar pegawai lebih produktif dan inovatif. Hal itu juga berkaitan dengan usia pekerja. "Jangan sampai baru jadi kepala dinas ketika sudah mendekati usia pensiun," katanya.

Proses seleksi terbuka juga bisa menyaring pegawai yang berani mengambil risiko. "Tentu risiko harus diperhitungkan, tetapi tidak boleh terlalu lama juga menimbang keputusan."

Diberitakan sebelumnya, proses seleksi terbuka untuk jabatan camat dan lurah baru berakhir kemarin. Sebanyak 415 pejabat dilantik secara massal di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 27 Juni 2013. Proses seleksi terbuka membuat para lurah dan camat sekarang memiliki berbagai latar belakang, termasuk kesehatan, dan kebersihan.

ANGGRITA DESYANI

Topik terhangat:

Ribut Kabut Asap | PKS Didepak? | Persija vs Persib | Penyaluran BLSM

Berita lainnya:
Dialog di TV, Sosiolog UI Disiram Air Munarman 
Guru Ini Sebar Foto Bugil di Facebook
5 Tokoh Ini Dinilai Gunakan BLSM untuk Pencitraan
XL dan Axis Merger, Indosat Harus Waspada
Mengapa Popularitas Boediono Rendah


Anda sedang membaca artikel tentang

Lelang Camat Lurah Selesai, Lelang Lain Menyusul

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/06/lelang-camat-lurah-selesai-lelang-lain.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lelang Camat Lurah Selesai, Lelang Lain Menyusul

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lelang Camat Lurah Selesai, Lelang Lain Menyusul

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger