Jakarta Utara Siap Hadapi Banjir

Written By Unknown on Rabu, 31 Oktober 2012 | 09.35

Rabu, 31 Oktober 2012 | 04:45 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, mengklaim persiapan menghadapi musim hujan tiba telah dilakukan lembaganya. "Kalau persiapannya sendiri sudah 100 persen selesai, karena ini sudah sistem," ujarnya, Selasa, 30 Oktober 2012.

Menghadapi musim hujan di penghujung tahun ini, pemerintah Jakarta Utara telah memiliki prosedur baku penanganan serta tim yang siap mengantisipasi datangnya banjir. "Artinya, jika setiap ada hujan dan genangan semua pompa dan pintu air sudah siap difungsikan," kata dia.

Tim tersebut, menurut dia, merupakan gabungan dari suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan lembaga terkait lainnya yang siap siaga mengamati terjadinya banjir atau luapan air di wilayah bagian utara Jakarta tersebut.

"Kami punya tim yang sudah solid, tanpa diperintahkan pun mereka jalan, sudah semacam sistem," kata dia. "Mereka sudah siap, termasuk soal genangan, bagaimana penanganan evakuasi masyarakat sudah ada."

Meskipun demikian, ia berharap partisipasi warga melakukan pengerukan aliran sungai serta membersihkan sampah yang berada di gorong-gorong dan lingkungan sekitar tetap diperlukan. "Kalau pakai alat berat pengerukan itu memerlukan waktu, kami minta masyarakat kerja bakti, dan Dinas PU sudah menyiapakan alat itu."

Soekidjo, 57 tahun, Ketua RT 16 Pademangan Timur, mengakui sejak kedatangan orang nomor satu di DKI Jakarta Joko Widodo dua pekan lalu, warga masyarakat semakin rajin melakukan kerja bakti dan pembersihan saluran air. "Besar sekali dampaknya," ujarnya.

Namun, ia mengakui, minimnya peralatan yang dimiliki warga menyebabkan pengerukan pada sungai skala sedang tidak bisa dilakukan. "Itu kendalanya, sebab kendaraan berat tidak semuanya masuk ke wilayah kami," kata dia.

Dalam sepekan terakhir, Rukun Warga 1 Kelurahan Pademangan Timur, mengaku mendapatkan bantuan puluhan peralatan kebersihan mulai pacul, sekop, cangkrang, dan karung dari pihak Dinas Pekerjaan Umum Jakarta Utara. "Biasanya kalau karungnya sudah berisi sampah, Dinas PU bantu alat pengangkutan," ujar dia.

JAYADI SUPRIADIN

Terpopuler:
Alasan Angkot Kalah Pamor dengan Motor 
Kabupaten Tangerang Bangun Terminal Utama
Seluruh Puskesmas Jakarta Akan Pakai CCTV 
Kondisi Novi Amilia Membaik Setelah Detoksifikasi
Hujan Ringan Guyur Jakarta Siang Hari


Anda sedang membaca artikel tentang

Jakarta Utara Siap Hadapi Banjir

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/jakarta-utara-siap-hadapi-banjir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jakarta Utara Siap Hadapi Banjir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jakarta Utara Siap Hadapi Banjir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger