BMKG: Hujan Deras Masih Akan Bayangi Jakarta  

Written By Unknown on Senin, 24 Desember 2012 | 09.35

Senin, 24 Desember 2012 | 05:44 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengatakan bahwa hujan deras disertai petir belum akan meninggalkan wilayah Jabodetabek dalam waktu dekat. Bahkan, BMKG mengatakan bahwa cuaca itu akan bertahan hingga tahun depan.

"Berdasarkan prakiraan yang sudah kami keluarkan, hujan deras masih akan turun di Jakarta pada Januari dan Februari 2013," ujar Kepala Bidang Komunikasi BMKG, Harry Tirto Djatimiko, kepada Tempo, Minggu, 23 Desember 2012.

Harry menjelaskan, hujan deras akan membayangi Jabodetabek untuk waktu yang lama karena Jabodetabek tengah memasuki puncak musim penghujan. Di puncak musim penghujan, yang umumnya terjadi pada Desember, dan akibat pergerakan angin muson barat yang membawa angin cumulus nimbus, hujan akan terus turun setiap hari.

"Tanda-tanda sudah masuk puncak musim penghujan ini adalah hujan sudah turun setiap hari dengan intensitas beragam," ujar Harry sambil menambahkan bahwa hujan yang disertai petir adalah akibat dari terbentuknya awan Cumulus Nimbus.

Harry menambahkan, untuk kelima wilayah di Jakarta (Utara, Selatan, Barat, Timur, dan Pusat), intensitas dan frekuensi hujannya cukup merata secara harian. Tak ada yang bisa dikatakan sepenuhnya dominan dibanding daerah lain.

Namun, menurut Harry, apabila intensitas dan frekuensi hujan dihitung secara bulanan, prakiraan titik dengan intensitas hujan terderas adalah Jakarta Selatan. "Kalau secara harian, bisa berubah ubah tiap hari frekuensi dan intensitasnya meski tergolong merata. Kemarin yang tertinggi Jakarta Selatan, dua hari sebelumnya di Jakarta Pusat."

Dia menambahkan, curah hujan di Desember ini belum tergolong parah. Curah hujan di masa transisi, meski intensitasnya belum tentu besar tiap harinya, disertai dengan angin kencang yang bisa merusak.

Secara terpisah, Humas BNPB mengatakan bahwa hujan deras di Jakarta telah menyebabkan kemacetan yang luar biasa. Ada 22 genangan banjir yang tersebar di Jakarta. Bahkan jalan protokol Sudirman dan Thamrin juga tergenang banjir.

ISTMAN MP

Berita Terkait:
Pintu Air Depok Siaga 3, Jakarta Siaga Banjir
Pondok Gede - Pancoran Dua Jam!
Hujan Reda, Jakarta Dikepung Macet
Jakarta Dikepung Banjir
Hujan Tanpa Jeda Guyur Jakarta Hingga Akhir Tahun


Anda sedang membaca artikel tentang

BMKG: Hujan Deras Masih Akan Bayangi Jakarta  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/12/bmkg-hujan-deras-masih-akan-bayangi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BMKG: Hujan Deras Masih Akan Bayangi Jakarta  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BMKG: Hujan Deras Masih Akan Bayangi Jakarta  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger