Jokowi Disarankan Bikin KTP Sementara

Written By Unknown on Minggu, 02 Desember 2012 | 09.35

Minggu, 02 Desember 2012 | 03:05 WIB

TEMPO.CO , Jakarta - Pengamat Tata Kota Yayat Supriyatna menyarankan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo tak langsung menjanjikan KTP kepada warga yang tinggal di grey area atau tanah sengketa. Ia mengusulkan supaya diterbitkan terlebih dahulu surat tanda penduduk temporer, sementara Jokowi menangani status tanah sengketa.

"Warga grey area tidak mengincar KTP-nya, tapi lebih kepada fasilitas yang didapat sebagai penduduk Jakarta," ujar Yayat ketika berbincang bincang dengan Tempo, Jumat, 30 November 2012.

Fasilitas yang dimaksud kata Yayat adalah Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar. Sebagaimana diketahui, untuk memperoleh dua fasilitas itu, diperlukan surat atau kartu tanda penduduk Jakarta.

"Kalau tidak menjadi penduduk Kota Jakarta kan tidak bisa. Nah ini grey area ramai minta KTP tampaknya karena Pemprov DKI terbitkan KJS dab KJP. Kalau masalahnya itu, saya rasa bisa ditangani dengan surat tanda penduduk sementara, bukan permanen,"ujar Yayat.

Yayat mengatakan, kalau Jokowi langsung menerbitkan KTP permanen kepada warga grey area tanpa memecahkan dulu masalah status tanah yang ditempati warga itu, maka ia akan mendapat banyak masalah ke depannya. Misalnya, warga grey area lain mendesak hal yang sama serta tuntutan pemilik tanah terkait.

Sebagaimana diketahui, dalam rentang waktu sebulan, Jokowi sudah menjanjikan penerbitan KTP di dua grey area atau tanah sengketa. Yang pertama adalah Tanah Merah, Plumpang, Jakarta Utara, sementara yang terbaru adalah Kampung Sawah, Cilincing, Jakarta Utara.

Kedua area tersebut, meski sudah dijanjikan kan mendapat KTP, sebenarnya masih dalam status milik pihak lain. Tanah Merah misalnya, masih berstatus milik Pertamina, sementara sejumlah petak di Kampung Sawah adalah milik perorangan.

ISTMAN MP

Berita terpopuler lainnya:
Ahok: PNS, Pinter Goblok Penghasilan Sama 
Basuki Ahok: Masa Satu Orang Bisa Nyambung 3 Kali?
Jokowi Beri Pesan Semenit buat Pejabat Baru
SMA 70 Pecat Siswa Pelaku Tawuran 
Ani Yudhoyono Sebut Cengkareng di Jakarta Barat
Bagikan Kartu Pintar, Jokowi Disambut Teriakan


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Disarankan Bikin KTP Sementara

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/12/jokowi-disarankan-bikin-ktp-sementara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Disarankan Bikin KTP Sementara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Disarankan Bikin KTP Sementara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger