Pencurian Bagasi di Soekarno-Hatta Meningkat

Written By Unknown on Selasa, 08 Januari 2013 | 09.35

Selasa, 08 Januari 2013 | 08:24 WIB

TEMPO.CO, Tangerang - Kepolisian Resor Bandara Soekarno-Hatta mengakui ada peningkatan kejahatan pencurian bagasi penumpang di bandara sepanjang 2012 lalu. Jumlah pencurian meningkat sampai 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pencurian dengan menjebol tas penumpang mendominasi tindak kejahatan di bandara sepanjang tahun lalu," kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Komisaris Besar C.H. Patoppoi, Selasa, 8 Januari 2012. Menurut dia, pencurian paling sering terjadi di lounge atau ruang tunggu penumpang dan ruang bagasi pesawat. Kedua titik itu sering lolos dari pengawasan kamera CCTV.

"Saat ini kami sedang menyelidiki salah satu pencurian tas penumpang yang melibatkan empat oknum portir," kata Patoppoi lagi. Dari sejumlah kasus pencurian yang sudah terbongkar, dia mengakui, pelakunya hampir selalu adalah karyawan kontrak maskapai penerbangan atau oknum portir.

Patoppoi menjelaskan, pencurian kerap dilakukan dengan modus membuka atau ritsleting tas atau koper menggunakan kunci atau pulpen. Komplotan pencuri ini, kata Patoppoi, punya teknik khusus untuk membuat tas, yang sudah dibuka dan dijarah, tampak tertutup rapi seperti tak pernah dibuka. Barang yang paling sering diambil adalah perhiasan dan barang elektronik, seperti kamera dan laptop.

Untuk meminimalisasi pencurian tas penumpang, Patoppoi mengimbau agar tas atau koper penumpang dibungkus dengan plastik. "Itu akan menyulitkan pencuri membuka tas," katanya.

Secara terpisah, Manajer Umum Kantor Cabang PT Angkasa Pura II Yudis Tiawan mengaku akan menambah kamera CCTV di bandara. "Jumlah CCTV di titik-titik rawan kejahatan akan ditambah," katanya.

JONIANSYAH


Anda sedang membaca artikel tentang

Pencurian Bagasi di Soekarno-Hatta Meningkat

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/01/pencurian-bagasi-di-soekarno-hatta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pencurian Bagasi di Soekarno-Hatta Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pencurian Bagasi di Soekarno-Hatta Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger