Bulan Depan Tanggul Bekasi Dibangun Permanen

Written By Unknown on Kamis, 07 Februari 2013 | 09.35

Kamis, 07 Februari 2013 | 06:11 WIB

TEMPO.CO, Bekasi - Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane berencana memperbaiki tanggul yang jebol di Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, pada musim kemarau. "Sekitar Maret atau April nanti kami akan membangun tanggul permanen," kata Ramlan, anggota staf Balai Ciliwung-Cisadane, saat memantau lokasi tanggul yang jebol, Rabu 5 Februari 2013.

Untuk sementara, Ramlan melanjutkan, akan dibuatkan beronjong pada tanggul yang jebol di perumahan tersebut. Perbaikan ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir susulan, mengingat musim hujan diprediksi terjadi hingga akhir Februari. Ihwal biaya perbaikan tanggul secara permanen, Ramlan belum mengetahui berapa anggaran yang dialokasikan. "Yang jelas, dananya tidak sebesar yang disebutkan Pak Wali Kota," kata dia.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan perbaikan tanggul yang jebol membutuhkan dana sekitar Rp 50 miliar. Selain untuk memperbaiki tanggul, anggaran itu termasuk ongkos pengerukan dan penurapan serta operasi rumah pompa air.

Tanggul yang jebol berada di titik yang sama dengan peristiwa banjir pada 18 Januari lalu, tepatnya di Blok 9 RT 02 RW 08. Tanggul itu kemudian diperbaiki dengan membangun beronjong atau fondasi yang dibuat dari batu-batu berlapis kawat besi.

Ukuran beronjong dibuat sesuai dengan panjang tanggul yang jebol, yakni sekitar 25 meter dengan tinggi 3,5 meter. Bangunan penyangga itu menahan arus air Sungai Cikeas dengan kedalaman 1,5-2 meter dari permukaan air dan ketebalan dinding tanggul 1 meter.

Sejumlah penghuni perumahan menuding penyebab jebolnya tanggul untuk kedua kalinya adalah fondasi beronjong yang tidak kuat. "Air Sungai Cikeas lebih tinggi daripada tanggul di perumahan kami," kata Faruk, 47 tahun, warga RT 07 RW 09 Blok B. Akibat derasnya arus, air masuk dari sela-sela beronjong sehingga bagian bawah tanggul bocor dan roboh ke kompleks perumahan.

Maryono, 45 tahun, warga Blok B, RT 01 RW 08, mengatakan, meluapnya arus air dari kali akibat letak perumahan yang berada di lekungan lintasan Sungai Cikeas. "Makanya arus airnya deras sekali, baru beberapa jam tingginya sudah 3 meter," ujar Ketua RW 08 tersebut. Menurut dia, banjir yang sering melanda permukiman itu disebabkan oleh kurangnya resapan air.

MUHAMMAD GHUFRON

Berita terpopuler lainnya:
Le Meridien Pastikan Maharani Ditangkap di Kamar
Terima Rp 10 Juta, Maharani: Saya Enggak Munafik
Luthi Hasan Akhirnya Mengaku Kenal Ahmad Fathanah
Maharani Berbohong karena Panik dan Syok
Maharani Suciono Minta Maaf, Ungkap Duit Rp 10 Juta
Maharani Suciyono Berbohong, Apa Kata Psikolog?
Kronologi Pertemuan Maharani dan Ahmad Fathanah
KPK Pastikan Maharani Tak Ditangkap di Kafe


Anda sedang membaca artikel tentang

Bulan Depan Tanggul Bekasi Dibangun Permanen

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/02/bulan-depan-tanggul-bekasi-dibangun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bulan Depan Tanggul Bekasi Dibangun Permanen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bulan Depan Tanggul Bekasi Dibangun Permanen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger