Kata Psikolog Soal Kasus Perkosaan Terhadap Anak

Written By Unknown on Rabu, 20 Februari 2013 | 09.35

Rabu, 20 Februari 2013 | 05:13 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh orang terdekat korban, menurut psikolog Universitas Indonesia, Tika Bisono, adalah penyimpangan sosial yang bisa jadi disebabkan oleh depresi yang kemudian menyebabkan rusaknya pola pikir pelaku. "Bisa saja pelaku frustasi dengan kehidupannya sendiri, kemudian mencari pelampiasan, dan anggota keluarga yang jadi target," ujar Tika saat dihubungi Tempo, Selasa, 13 Februari 2013.

Selain itu, Tika menambahkan, banyaknya perceraian yang terjadi juga menjadi sebab pemerkosaan terhadap anggota keluarga terdekat. "Kan jadi banyak ayah tiri. Ya, ini memang enggak bisa dipukul rata, tapi ini juga salah satu sebab," kata dia.

Tika menambahkan, anggapan harus menurut kepada orang tua kadang ditelan bulat-bulat sehingga ini menjadi alasan anak harus selalu menuruti apapun perintah orang tua, termasuk memenuhi nafsunya. Kebanyakan kasus pemerkosaan oleh orang terdekat ini dipaksa secara psikologis atau bentuknya berupa rayuan. "Kadang juga kan diiming-imingi hadiah," ujarnya.

Kata-kata "harus nurut orang tua" inilah, menurut Tika menyebabkan ada masa-masa diam dahulu, sebelum korban akhirnya melapor kepada ibunya. "Bentuknya jadi soft terror," kata Tika.

Tindak kriminal yang dilakukan orang dekat korban ini, lanjut Tika, dapat terjadi juga karena ibu-ibu yang terlalu sibuk di luar rumah sehingga kurang memperhatikan perubahan perilaku sang anak. "Jarang ada yang peka sama bahasa tubuh anak," kata dia.

Contoh kasus perkosaan yang dilakukan oleh orang terdekat baru-baru ini terjadi pada PD. PD, 18 tahun,  kemarin mendatangi Polres Jakarta Timur untuk melaporkan perbuatan ayahnya, DP, 42 tahun.  Kepada penyidik, PD mengungkapkan sudah diperkosa oleh ayahnya sendiri sejak berusia 13 tahun.

Juga bocah berusia 9 tahun, ZC, yang dua pekan lalu melaporkan telah diperkosa ayah tirinya ke Komisi Nasional Perlindungan Anak.

TRI ARTINING PUTRI

Berita Terkait:
Polisi Proses Kasus Pencabul Bocah 7 Tahun
Kronologi Pencabulan Bocah 7 Tahun 
Dikibuli Pelaku Pencabulan Bocah, Ini Kata Polisi 
Bohongi Polisi, Pemuda Cabuli Bocah 7 Tahun 
Heboh Kasus Daming, Akil Mochtar Salahkan DPR


Anda sedang membaca artikel tentang

Kata Psikolog Soal Kasus Perkosaan Terhadap Anak

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/02/kata-psikolog-soal-kasus-perkosaan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kata Psikolog Soal Kasus Perkosaan Terhadap Anak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kata Psikolog Soal Kasus Perkosaan Terhadap Anak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger