Layanan KTP Gratis Dimanfaatkan Untuk Bikin E-KTP  

Written By Unknown on Minggu, 03 Februari 2013 | 09.35

Minggu, 03 Februari 2013 | 04:52 WIB

TEMPO.CO , Jakarta - Pelayanan dokumen kewarganegaraan gratis yang diberikan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat, rupanya lebih banyak dimanfaatkan warga yang belum membuat KTP Elektronik. Setelah tiga kali menggelar pelayanan itu, di Kelurahan Kedoya Utara, Duri Kosambi, dan Kembangan Utara, ternyata lebih banyak warga yang membuat E-KTP ketimbang membuat dokumen kewarganegaraan yang rusak atau hilang akibat banjir.

Jumlah warga yang membuat E-KTP di ketiga kelurahan itu mencapai 196 orang. Sementara warga yang mengganti KTP yang hilang atau rusak hanya 124 orang. Adapun Kartu Keluarga yang rusak berjumlah 121 lembar, dan akta kelahiran yang perlu diganti berjumlah 20 lembar.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat, Ahmad Fauzi, mengatakan pihaknya memang menyediakan semua layanan kependudukan secara cuma-cuma bagi warga yang tempat tinggalnya terendam banjir. "Tidak dibatasi hanya KTP, KK, dan akte kelahiran, semua dilayani," kata Fauzi, Sabtu, 2 Februari 2013.

Contohnya, ada pasangan kakek nenek yang hendak membuat E-KTP yaitu Junaedi (91 tahun) dan Nyaidah (82). Maryam, menantu mereka mengatakan mereka membuat E-KTP agar bisa berobat gratis menggunakan program Kartu Jakarta Sehat. "Sekarang enggak punya KTP, sudah lama hangus, jadi enggak bisa berobat gratis," katanya, Sabtu. Dia mengaku senang dengan adanya layanan kependudukan gratis karena mempermudah warga, terutama yang sudah berusia lanjut.

Sayang, ada kesalahan di kartu keluarga Junaedi. Kakek berusia 91 tahun itu tercatat lahir pada 1971. Akhirnya KTP-nya tak bisa diproses dan harus didaftarkan di kantor kelurahan pada hari kerja.

Lurah Kembangan Utara, Agus Satiawan mengatakan warga memang sudah mengantisipasi datangnya banjir. "Mereka sudah siap menyelamatkan surat-surat penting karena sudah biasa kebanjiran," kata Agus, Sabtu. Oleh sebab itu, lebih banyak warga yang memanfaatkan pelayanan gratis itu untuk membuat E-KTP.

ANGGRITA DESYANI


Berita populer

Kata Tifatul Sembiring soal Ahmad Fathanah
Narkoba Artis: Semua Tamu Ditawari Inex
Ini yang Menyebarkan Hubungan Ariel dan Pramugari
Menteri Suswono Bisa Terseret Kasus Daging Impor?
Narkoba Artis: Undangan Pesta Lewat BBM
Ditanyai Soal Wanita, Senyum Luthfi 'Hilang'
Raffi Ahmad Ditetapkan Jadi Tersangka


Anda sedang membaca artikel tentang

Layanan KTP Gratis Dimanfaatkan Untuk Bikin E-KTP  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/02/layanan-ktp-gratis-dimanfaatkan-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Layanan KTP Gratis Dimanfaatkan Untuk Bikin E-KTP  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Layanan KTP Gratis Dimanfaatkan Untuk Bikin E-KTP  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger