Dispenser Jadi Tempat Favorit Nyamuk Penyebab DBD

Written By Unknown on Minggu, 24 Maret 2013 | 09.35

Siswa-siswi SDN 10 Mataram mengikuti edukasi demam berdarah yang diadakan Dinas Kesehatan Provinsi NTB bekerjasama dengan salah satu produk anti nyamuk di SDN 10 Mataram, Monjok, NTB, Jumat (6/3). ANTARA/Ahmad Subaidi

Minggu, 24 Maret 2013 | 03:47 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Waspadalah dengan ancaman penyakit demam berdarah. Meski sudah menguras bak mandi dan penampungan air secara teratur, masih ada kemungkinan nyamuk Aedes Aegypti -si pembawa virus dengue, berkembang biak di tempat-tempat tak terduga di sekitar rumah Anda.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Widiastuti mengatakan kerap menemukan dispenser dan pot bunga yang menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti. "Ketika kami investigasi rumah pasien DBD, bak penampungan airnya memang bersih, tetapi nyamuk bersarang di dispenser dan piring alas pot bunga," katanya ketika ditemui di Kantor Walikota Jakarta Barat, Jumat, 22 Maret 2013.

Menurut Widiastuti, masyarakat kerap lupa membersihkan kedua tempat itu. Tempat penampungan air yang berada di bagian bawah dispenser pun menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk yang akan mengembangbiakkan telur mereka. Begitu juga dengan pot bunga atau sampah plastik yang menampung air hujan.

Kolam pun harus diisi dengan ikan. "Jangan sampai hanya diisi air," katanya. Jika ada tetangga yang terkena DBD, segera bersihkan lingkungan rumah Anda. Pemberian larvasida juga bisa diulang setelah lima hari agar jentik dari telur yang tersisa tak sempat tumbuh dan berkembang biak.

Selama kurun Januari-Februari 2013, Sudin Kesehatan Jakarta Barat telah menerima laporan 417 kasus demam berdarah dengue dari 15 rumah sakit. Sebanyak 158 pasien diantaranya terjangkit di wilayah Jakarta Barat. "Hasil itu kami dapatkan setelah menginvestigasi rumah dan lingkungan pasien, ada jentik nyamuk dan pasien lain," kata Widiastuti.

ANGGRITA DESYANI

Berita terpopuler lainnya:
Serangan Jantung, Ricky Jo Meninggal Dunia 
Kronologi Serangan ke Penjara Sleman 
KPK Tangkap Pimpinan Pengadilan Negeri Bandung 
Korban Penembakan Terduga Kopassus Terkapar di Sel 
Anggota Kopassus Diduga Serbu Penjara di Sleman


Anda sedang membaca artikel tentang

Dispenser Jadi Tempat Favorit Nyamuk Penyebab DBD

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/03/dispenser-jadi-tempat-favorit-nyamuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dispenser Jadi Tempat Favorit Nyamuk Penyebab DBD

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dispenser Jadi Tempat Favorit Nyamuk Penyebab DBD

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger