Dua Hal Penting Jika Transjakarta Jalan 24 Jam

Written By Unknown on Minggu, 31 Maret 2013 | 09.35

Sabtu, 30 Maret 2013 | 22:27 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Azas Tigor Nainggolan mengatakan mengo[perasikan Transjakarta 24 jam sangat mungkin dilakukan. Terlebih, ada kalangan yang membutuhkan angkutan di malam hari. "Sangat dibutuhkan oleh para pekerja yang bekerja lembur atau bertugas hingga tengah malam," ujar Tigor, Sabtu, 30 Maret 2013.

Tapi, menurut Tigor, mengoperasikan Transjakarta selama 24 jam dari yang sebelumnya 17 jam bukanlah perkara mudah. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Paling utama, kata Tigor, masalah keamanan. Jam malam amat lekat dengan kriminalitas. Karena yang akan dioperasikan untuk jam malam adalah Transjakarta lama yang belum memiliki CCTV, maka Pemerintah DKI maupun BLU Transjakarta harus memastikan operasional berlangsung jauh dari gangguan kriminal. "Bisa dimulai dengan meningkatkan koordinasi dengan pihak kepolisian, "ujar Tigor.

Meski keamanan penting, Tigor mengatakan jangan sampai hal itu menghentikan rencana Transjakarta 24 jam. Menurut dia, program itu tetap harus jalan dengan dibarengi upaya menjaga rasa aman penumpang.

Hal kedua yang harus diperhatikan, menurut Tigor, adalah konsistensi. Hal ini, kata Tigor, berkaitan dengan jadwal. Menurut dia, jangan sampai karena beroperasi di malam hari, Transjakarta menjadi suka telat. "Ini penting, kepastian jadwal perlu dijaga."

Sebelumnya, Kepala Dishub Udar Pristono mengatakan bus-bus yang telah rusak di koridor I dan II akan ditarik ke bengkel untuk rekondisi. Setelah itu, bus tersebut akan dijalankan sebagai Angkutan Malam Hari Transjakarta yang beropasi dari pukul 23.00-05.00.

Rencananya, bus yang akan dioperasikan sebanyak 90 unit. Ke-90 bus tersebut akan berhenti di halte awal, tengah, dan akhir. Untuk halte tengah, akan dicari titik yang strategis.

Soal harga tiket, Pristono memastikan tak akan ada pengubahan, tetap Rp3. 500. Meski harganya sama, Pristono menjanjikan operasional bus yang lebih cepat dengan jarak antar bus hanya akan terpaut 5-10 menit. "Ini dikarenakan jalanan yang relatif sepi di malam hari."

ISTMAN MP


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Hal Penting Jika Transjakarta Jalan 24 Jam

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/03/dua-hal-penting-jika-transjakarta-jalan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Hal Penting Jika Transjakarta Jalan 24 Jam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Hal Penting Jika Transjakarta Jalan 24 Jam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger