Jokowi Beberkan Resep Berwirausaha

Written By Unknown on Senin, 18 Maret 2013 | 09.35

Senin, 18 Maret 2013 | 06:21 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo membeberkan rahasia suksesnya menjadi wiraswastawan. Ketika berbicara soal wirausaha bersama pemilik CT Corp, Chairul Tandjung, Jokowi menceritakan pengalamannya selama menjadi pengusaha hingga orang pertama di ibu kota.

"Saya ditugasi Pak Ishadi SK untuk jadi pembicara enterpreunership," kata Jokowi di Gedung SMESCO, Jakarta, Ahad 17 Maret 2013.

Kewirausahaan menjadi nilai tersendiri bagi Jokowi. Banyak yang bilang, menjadi pengusaha harus memiliki modal terlebih dulu. Tetapi tidak bagi Jokowi. "Kalau mahasiswa, pelajar, harus mulai segera. Jangan tunggu-tunggu lagi. Itu yang penting," katanya.

Pria yang mengaku lahir di bantaran sungai itu memulai kewirausahaan dengan menjadi tukang. Awalya, Jokowi memiliki empat karyawan pada 1988. "Saya jualan dari pintu ke pintu, rumah ke rumah di Surakarta," ujar dia.

Tahun pertama hingga tahun keenam, Jokowi merasakan beratnya menjadi pengusaha. Apalagi dia mulai tanpa modal, tidak seperti orang lain yang sudah siap dengan modal yang diberikan orang tua. "Yang penting itu, jangan gonta-ganti. Fokus satu saja," katanya.

Dengan fokus dan menghadapi masalah yang ada, dia mengatakan, seseorang bakal naik tingkat ketika menjadi pengusaha. "Misalnya mulai TK ada masalah berarti naik ke SD. Fokus lagi berarti naik ke SMP, kena masalah naik SMA. Yakin saja Tuhan akan membukakan pintu. Konsisten dan istiqomah. Kalau udah kebuka, baru ngerasain enaknya," ujar Jokowi.

Karena sudah merasakan pahit getirnya menjadi pengusaha sejak 1988, Jokowi akhirnya merasakan manisnya pada 1993. Usahanya di bidang mebelnya mulai diekspor. "Setahun pasarnya hanya di Solo, tahun kedua Jawa Tengah, tahun keenam sudah bisa ekspor. Itu-itu terus," Jokowi menjelaskan.

Dia mulai ikut pameran mebel di Singapura, kemudian masuk ke Eropa dan Amerika. "Jangan tengok kanan tengok kiri. Ini yang kita punya," katanya.

Chairul Tandjung mengatakan Jokowi patut menjadi contoh karena kehidupannya yang penuh kerja keras. Kegigihan Jokowi yang berawal dari seorang wirausaha, menurut Chairul, menjadikannya seorang pemimpin yang berkualitas.

SUTJI DECILYA

Berita terpopuler lainnya:
Jangan Umbar Status dan Foto di Media Sosial
Si Conat, Preman Betawi Era VOC 
Kericuhan Warnai Kongres Luar Biasa PSSI 
Lulung: Saya Bukan Preman, Saya Profesional
Ahli Hukum Klaim Indonesia Perlu Pasal Santet  


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Beberkan Resep Berwirausaha

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/03/jokowi-beberkan-resep-berwirausaha.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Beberkan Resep Berwirausaha

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Beberkan Resep Berwirausaha

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger