Mau Tukar Pelat Ganjil-Genap, Ini Syaratnya

Written By Unknown on Rabu, 06 Maret 2013 | 09.35

Kendaraan terjebak kemacetan di dua ruas jalan tol akibat padatnya volume kendaraan yang melintas di Jalan tol dalam kota, Jakarta, Kamis, (17/1). Hujan yang mengguyur sejak semalam menyebabkan banjir dan genangan air di sejumlah ruas jalan protokol mengakibatkan macet total di berbagai kawasan Ibu Kota DKI Jakarta. TEMPO/Imam Sukamto

Rabu, 06 Maret 2013 | 06:27 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Aturan pembatasan kendaraan ganjil-genap bakal berlaku Juni mendatang bagi kendaraan roda empat atau lebih di DKI Jakarta. Sejak awal Februari, rupanya kantor Samsat di Jakarta telah membuka Loket Ganti Nopol dan Penulisan Register Perubahan Identitas.

Loket itu untuk mengurus penukaran pelat nomor bagi warga yang berminat. Menurut Iptu Wahyono, Perwira Administrasi Tata Usaha Samsat Jakarta Selatan, untuk menukar pelat, ada sejumlah syarat alias dokumen yang harus dilengkapi. Pertama, hasil cek fisik kendaraan bermotor. Lalu, BPKB asli, STNK asli, dan identitas pemilik.

"Pemilik kendaraan pribadi membawa KTP/SIM/KITAS asli. Sedangkan pemilik berupa badan hukum membawa surat kuasa, akta pendirian/SIUP, keterangan domisili, dan NPWP," katanya, Selasa 5 Maret 2013. Satu syarat lagi adalah formulir permohonan perubahan nomor register kendaraan bermotor yang diperoleh di loket.

Selanjutnya, penukar plat dikenai biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara RI.

Sedangkan, untuk pemilik kendaraan roda 2 atau 3 yang berminat, biaya PNBP STNK Rp. 50 ribu, biaya TNKB Rp. 30 ribu. Untuk kendaraan roda 4 atau lebih, biaya STNK Rp. 75 ribu, sedangkan biaya TNKB Rp. 50 ribu.

Wahyono menambahi, loket tersebut bakal terus dibuka sampai batas waktu yang belum ditentukan. "Tergantung kebijakan," ujar dia.

ATMI PERTIWI

Berita terpopuler lainnya:
Ini Tokoh-tokoh yang Mengilik Anas Soal Century
Malaysia Bayar Sewa ke Sultan Sulu Rp 14 Juta
Fakta-fakta Menarik Jelang MU Vs Real Madrid 
Kelompok Penyusup Diduga Mendarat Lagi di Sabah
'Perjalanan Pulang' Keluarga Sultan Sulu ke Sabah 
Pegawai Kemenag Dicurigai Gelapkan Dana Haji 
Google Ikut Terjun Jual Beli Mobil


Anda sedang membaca artikel tentang

Mau Tukar Pelat Ganjil-Genap, Ini Syaratnya

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/03/mau-tukar-pelat-ganjil-genap-ini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mau Tukar Pelat Ganjil-Genap, Ini Syaratnya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mau Tukar Pelat Ganjil-Genap, Ini Syaratnya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger