Modus Tipu Internet, Dari Warisan Hingga Pacaran

Written By Unknown on Sabtu, 23 Maret 2013 | 09.35

Sabtu, 23 Maret 2013 | 08:45 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Setahun terakhir, jumlah kasus penipuan lewat internet yang ditangani polisi meningkat pesat. Modusnya pun macam-macam. Ada yang menggunakan cerita palsu mengenai warisan atau rencana investasi yang sebenarnya tak pernah ada. Dari ribuan email yang dikirim secara acak itu, ternyata ada saja yang tertarik dan membalas email tersebut.

"Yang membalas email biasanya akan menjadi korban komplotan penjahat penipuan," kata Kepala Satuan Reserse Mobile, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan, kepada Tempo, Jumat, 22 Maret 2013.

Ditreskrimum Polda Metro Jaya saat ini sedang menangani beberapa kasus penipuan via internet ini. Menurut Kepala Unit III Reserse Mobile Komisaris Jerry Raimond, modus menyebar cerita palsu melalui email ini sebenarnya modus lama. Tapi tetap saja ada orang yang masih tertipu.

Jerry mencontohkan beberapa contoh modus penipuan ini. Yang paling sering digunakan adalah kisah seorang perempuan yang mengaku asli Indonesia bernama Kusuma Wilson. Ia menikah dengan pria Inggris dan saat ini tinggal di London. Namun, belakangan dia tahu suaminya yang kaya itu telah memiliki istri yang sah. Walhasil, Kusuma ingin pulang ke Tanah Air dan memulai hidup baru.

Kusuma, dalam cerita palsu itu, mengaku memiliki harta sekitar US$ 2 juta dan membutuhkan seseorang untuk menampung uang itu untuk sementara, sebelum ia kembali ke Indonesia. Karena itulah ia membutuhkan pertolongan orang yang baik hati untuk menerima dan menyimpan dana tersebut. Tak lupa, si penolong diberi iming-iming 10 persen dari kekayaannya.

"Ada beberapa orang yang tertipu karena email ini. Kerugiannya tak tanggung-tanggung, dari ratusan juta hingga miliaran," kata Jerry.

Itu baru satu modus saja, ada lagi modus lain yang ditangani Polda. Misalnya, penipuan dengan modus jalinan asmara dengan pria dari luar negeri. Biasanya perkenalan melalui media jejaring sosial ini terjadi melalui Facebook. Rasa percaya si korban terbangun karena melihat data profil si penipu yang terlihat wajar dan menjanjikan.

"Padahal belum tentu yang di Facebook itu benar-benar orang yang mereka ajak berkomunikasi atau chatting. Bisa juga akun itu yang mengoperasikan orang lain," kata Jerry.

MUNAWWAROH

Berita Terpopuler:
5 Pemain yang Membuat Barcelona Kian Garang
Jenderal Polisi Tajir, Hartanya Dinilai Tak Wajar 
Serangan Jantung, Ricky Jo Meninggal Dunia 
KPK Tangkap Pimpinan Pengadilan Negeri Bandung 
Pembongkaran Gereja Bekasi Dinilai 'Over Acting'  


Anda sedang membaca artikel tentang

Modus Tipu Internet, Dari Warisan Hingga Pacaran

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/03/modus-tipu-internet-dari-warisan-hingga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Modus Tipu Internet, Dari Warisan Hingga Pacaran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Modus Tipu Internet, Dari Warisan Hingga Pacaran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger