'Libur' Sementara Kampung Ambon  

Written By Unknown on Senin, 08 April 2013 | 09.35

Berbagai barang bukti yang disita Polres Metro Jakarta Barat usai melakukan penggerebekan di kawasan Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta, Senin (30/4). Dalam operasi tersebut petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa senjata tajam, senjata api, alat penghisap sabu, minuman keras, ganja dan dua orang tersangka. Tempo/Tony Hartawan

Senin, 08 April 2013 | 05:16 WIB

TEMPO.CO, Jakarta--Sejumlah pihak meragukan Kampung Ambon atau Komplek Permata, Kelurahan Kedaung Kaliangke, Cengkareng, Jakarta Barat bebas narkoba bulan depan. Sumber Tempo di sana menyebut, tiarapnya pembuka lapak narkoba hanya sementara.

"Mereka cuma lagi libur dulu karena ada gerebekan," katanya, Ahad 7 April 2013. Menurut dia, penjualan narkoba masih belum bisa dihentikan total karena yang tertangkap dalam gerebekan adalah penjual di lapak. Sedangkan, bandar di atasnya masih berkeliaran. "Mustahil Kampung Ambon bersih kalau bandarnya tidak ditangkap."

Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala juga sangsi. Menurutnya, polisi jangan terlalu percaya diri mengeklaim kampung itu akan bebas narkoba bulan dengan. "Sulit memberantas narkoba di sana." Karena, penjual narkoba di lapak-lapak di sana punya jaringan kuat serta mampu bertahan.

Dia mengatakan, pemberantasan narkoba di sana tidak bisa hanya dengan razia. Melainkan, harus dengan merelokasi penduduknya. "Kampung itu harus direlokasi. Penduduknya harus dipencar-pencar."

Adrianus melanjutkan, polisi dulu pernah pula menyebut Kampung Ambon akan bebas narkoba 4 tahun lalu. "Ini pernah disebut juga oleh polisi pada 2009." Kawasan itu sempat dijaga intensif oleh polisi selama dua bulan. Kenyataannya, sepeninggal polisi, perdagangan narkoba kembali meriah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Satuan Narkoba Kepolisian Resort Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Gembong Yudha menyatakan Kampung Ambon bakal segera bebas dari peredaran narkoba pada Mei 2013.

Alasannya, jumlah lapak narkoba berkurang. Pada Mei 2012 lalu, kata Gembong, polisi mencatat ada 24 lapak penjualan narkoba di perumahan di Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat. Namun, sejak dua pekan terakhir polisi sudah tidak lagi menemukan lapak-lapak penjualan narkoba itu.

ATMI PERTIWI

Topik Terhangat Tempo:

Penguasa Demokrat || Agus Martowardojo || Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas


Baca juga:

Gadis Ini Diperkosa oleh Kenalannya di Facebook
Polisi Buru Pemerkosa Siswi SMP di Condet
Jokowi Beri Kursi Roda Baru bagi Atlet Difabel
Bulan Depan, Kampung Ambon Bebas Narkoba


Anda sedang membaca artikel tentang

'Libur' Sementara Kampung Ambon  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/04/libur-sementara-kampung-ambon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

'Libur' Sementara Kampung Ambon  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

'Libur' Sementara Kampung Ambon  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger