Perhatikan 15 Titik Pola Lalu Lintas Mikro

Written By Unknown on Kamis, 11 April 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Polisi berencana menerapkan pola lalu lintas mikro di 15 titik kemacetan di Jakarta. "Sekarang petugas harus berpikir parsial, titik per titik sembari menunggu pemberlakuan ganjil-genap dan Electronic Road Pricing (ERP)," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Sambodo Purnomo, di Jakarta.

Sebanyak 15 titik itu antara lain di Cipete, Raden Saleh, Tegal Parang, dan Grogol-Slipi. Beberapa titik, menurut Sambodo, sudah menerapkan pola transportasi mikro, seperti perbaikan simpang, kanalisasi, sistem satu arah, penertiban pedagang kaki lima, pelebaran jalan, dan lainnya.

Dia mencontohkan di Jalan Tegal Parang yang macet sehingga kendaraan terhambat ke Semanggi. Karena itu, lanjut Sambodo, dipasang kanalisasi, yakni pemasangan traffic cone yang panjang. Sehingga, antrian panjang ke Tegal Parang tidak menutup kendaraan yang ingin menuju ke Semanggi.

Contoh lainnya, Sambodo menambahkan, Bundaran Hotel Indonesia dan Bundaran Senayan. Menurut dia, kini polisi membolehkan kendaraan memutar di ujung budaran ketimbang harus mengikuti alur bundaran.

Pemilihan 15 titik yang merupakan pilihan polisi itu, menurut Sambodo, karena titik tersebut merupakan prioritas bisa dilakukan saat ini. Artinya, lanjut dia, 15 titik mampu direkayasa dan tidak memakan banyak biaya.

Meski tidak dapat mengurangi kemacetan seluruhnya, Samboodo menambahkan, setidaknya dapat mengurangi waktu tempuh ketika melewati ruas jalan tadi. "Misalnya biasa lewat situ 30 menit menjadi hanya 10 menit," ujarnya. Penerapan pola lalu lintas mikro ini, kata dia, diperkirakan mampu mengurangi kemacetan hingga 20 persen.

SUTJI DECILYA

Topik terpopuler:
Sprindik KPK | Partai Demokrat | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo |Nasib Anas

Berita lainnya:
Kronologi Penangkapan Penyidik Pajak Pargono 
Kisah 'Memalukan' Persibo Bojonegoro di Hong Kong 
Pembalap Asep Hendro Pekerjakan Pemuda Garut 
Video 'Damai' di Bea Cukai Bali Muncul di YouTube 
Buat Akun Twitter, SBY Belum Targetkan Followers


Anda sedang membaca artikel tentang

Perhatikan 15 Titik Pola Lalu Lintas Mikro

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/04/perhatikan-15-titik-pola-lalu-lintas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perhatikan 15 Titik Pola Lalu Lintas Mikro

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perhatikan 15 Titik Pola Lalu Lintas Mikro

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger