Jalan Layang Tanah Abang-Casablanca Segera Rampung

Written By Unknown on Kamis, 04 Juli 2013 | 09.35

Proyek pembangunan jalan layang non tol Kampung Melayu-Tanah Abang di kawasan Casablanca, Jakarta, Rabu (19/9). TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Jakarta - PT Istaka Karya menargetkan pembangunan Jalan Layang Non-Tol Tanah Abang-Casablanka rampung akhir September 2013. Direktur Istaka Karya Kasman Muhammad mengatakan pembangunan di sana  sudah mencapai 10 persen.

"Saat ini kami sedang mendatangkan penyangga jembatan dari Taiwan," kata Kasman ketika dihubungi pada Rabu, 3 Juli 2013. Kasman menjelaskan penyangga ini diperlukan karena ada permasalahan ketidakseimbangan struktur.

Akar masalahnya, kata Kasman, adalah adanya perubahan desain jembatan di Kawasan KH Mas Mansyur atau sekitar Hotel Le Meridien, dekat Jalan Sudirman.  Desain yang berubah ini menyebabkan rentang jembatan menjadi begitu lebat sehingga dibutuhkan penyangga khusus. Penyangga ini berfungsi agar antar jembatan bisa disambung secara kuat.

Penyangga ini juga memiliki struktur yang ramping. "Jadi saat selesai pemasangan tidak menyebabkan kemacetan," katanya.

Kasman menargetkan pemasangan rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri sekitar awal Agustus 2013. Kemudian dibutuhkan waktu antara satu sampai dua bulan untuk penyelesaian akhir.

Terkait dengan audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Kasman mengaku sudah sepakat dengan Pemerintah DKI Jakarta. "Proyek tetap jalan sambil tunggu audit," kata Kasman.

Dia mengatakan DKI Jakarta sudah menyiapkan dana Rp 39 miliar untuk Istaka meneruskan proyek. "Nanti kalau hasil audit bilang kebanyakan, akan kami kembalikan," ujarnya.

Dari tiga paket pekerjaan proyek jalan layang Jakarta sepanjang 2,7 kilometer, memang hanya satu paket yang belum selesai, yaitu di ruas Karet-Sudirman. Ruas ini dikerjakan oleh PT Istaka Karya (BUMN).

Proses pengerjaan proyek senilai Rp 2,02 triliun tersebut tersendat selepas terjadinya peralihan kepemimpinan di lingkungan Pemerintahan DKI Jakarta. Pengerjaan proyek ini seharusnya selesai akhir tahun lalu.

SYAILENDRA

Berita Terpopuler:
Ada SBY, Tepuk Tangan Meriahnya untuk Jokowi
Ini Alasan Terdakwa Cebongan Mengakui Perbuatannya
Garuda Indonesia Maskapai Pertama dengan Wi-Fi
KPI: Sang Bos Manfaatkan TV untuk Berpolitik 
Ada Boneka Barbie Bertubuh Proporsional di Amerika 


Anda sedang membaca artikel tentang

Jalan Layang Tanah Abang-Casablanca Segera Rampung

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/07/jalan-layang-tanah-abang-casablanca.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jalan Layang Tanah Abang-Casablanca Segera Rampung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jalan Layang Tanah Abang-Casablanca Segera Rampung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger