Stok Sembako Dijamin Aman Sampai Lebaran  

Written By Unknown on Minggu, 07 Juli 2013 | 09.35

Seorang penjual daging sapi di Pasar Johar Semarang melayani pembeli (13/6). Upaya Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menurunkan harga daging sapi sebelum Ramadhan 2013 belum terasa, harga daging sapi di pasar tersebut masih stabil RP 72 Ribu/kilogram. (Tempo/ Budi Purwanto)

TEMPO.CO , Bogor  :Pemerintah menjamin ketersediaan sejumlah kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadan hingga Idul Fitri mendatang aman. Kenaikan harga yang terjadi dianggap masih wajar.

"Rata-rata kenaikan beberapa bahan pokok seperti telur, cabai, dalam kisaran Rp 1000 – Rp 2000," kata Menteri Pertanian Suswono saat melakukan inspeksi ke Pasar Bogor, Jumat 5 Juli 2013.

Terkait kenaikan daging ayam yang kini mencapai Rp 40 ribu/kilogram, Suswono menilai itu lebih disebabkan pedagang yang sengaja memanfaatkan tingginya permintaan. Adapun ketersediaan di peternak tak berkekurangan.

"Penjualnya saja sengaja menaikkan harga menjelang Ramadan ini," kata Suswono sambil bertanya-tanya harga beberapa komoditas seperti minyak goreng, telur, dan daging kepada para pedagang.

Suswono menambahkan, pihaknya menjalin koordinasi dengan pimpinan daerah-daerah dengan tujuan menjaga stabilitas harga bahan pokok. Harapannya, tak ada kepanikan di tengah masyarakat yang bisa mendorong aksi borong dan berdampak pada kelangkaan.

Khusus untuk beras, sebanyak 2,3 ton sudah dicadangkan untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri. "Beras jumlah sudah sangat cukup bagi masyarakat," katanya.

Adapun sejumlah pedagang di Pasar Bogor mengungkapkan kalau kenaikan harga Bahan Bakar Minyak bersubsidi mendorong kenaikan harga komoditas di pasar itu dalam seminggu terakhir. Cabai, misalnya, naik menjadi Rp30 ribu dari semula Rp 28 ribu per kilogram. "Tapi minyak goreng dan beras harganya masih normal," kata Agus, pedagang.

M SIDIK PERMANA

Terpopuler
Keterangan Prajurit Kopassus Ucok Irasional
PDI Perjuangan Pantau Elektabilitas Jokowi
Jokowi Kembali Copot Kepala UPT Rusun
Pemimpin yang Baik versi Jokowi
Ahok: DPRD Bertele-tele Naikkan Tarif Angkot


Anda sedang membaca artikel tentang

Stok Sembako Dijamin Aman Sampai Lebaran  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/07/stok-sembako-dijamin-aman-sampai-lebaran_7.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Stok Sembako Dijamin Aman Sampai Lebaran  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Stok Sembako Dijamin Aman Sampai Lebaran  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger