Tangan Jahil Penumpang di Pintu Stasiun

Written By Unknown on Minggu, 21 Juli 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta--PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengungkapkan, sejak diterapkannya penggunaan tiket elektronik (e-ticketing) pada awal Juli hingga kemarin, terjadi beberapa kali kasus perusakan oleh penumpang terhadap sistem pintu elektronik.

Manajer Hubungan Masyarakat PT KCJ, Eva Chairunnisa, mengatakan insiden tersebut terjadi di antaranya di Stasiun Cilebut, Bojonggede, Citayam, dan Pondok Cina. "Kami menemukan ada yang menyelipkan permen karet pada slot gate out dan memasukkan kartu yang ujungnya dibakar. Ini membuat pintu keluar macet dan terjadi antrean," ujar Eva kepada Tempo Sabtu 20 Juli 2013.

"Kejadian terakhir dua minggu lalu di Stasiun Pondok Cina," katanya. Kasus di Stasiun Pondok Cina, kata dia, dilakukan seorang perempuan di pintu keluar stasiun. Ketika itu petugas pintu keluar menjumpai seorang perempuan dewasa yang panik saat memasukkan kartu single trip-nya. Setelah kartu dimasukkan, seketika pintu macet. Antrean panjang penumpang yang hendak keluar pun tak terelakkan. Perempuan tersebut dikeluarkan menggunakan pintu darurat, dan semua pintu tak dapat digunakan.

Setelah diperiksa petugas, ternyata pada satu bagian kartu milik perempuan tersebut ada yang rusak bekas dibakar. "Ketika petugas mencari perempuan itu, sudah tidak ada di area stasiun," kata Eva.

Eva berharap, kasus ini bisa dijadikan pelajaran bagi petugas maupun pengguna kereta commuter Jabodetabek. "Jangan melakukan tindakan vandalisme (perusakan)," ujarnya. Sebab, kata dia, pelakunya bisa terkena Pasal 170 dan Pasal 406 KUHP tentang perusakan barang milik orang lain. "Ancaman hukumannya penjara maksimal 2 tahun 8 bulan."

Kepala Stasiun Bojong Gede, Sandi, mengatakan kini semua pintu di stasiunnya, yang berjumlah 10 unit, berfungsi dengan baik. Hal senada diungkapkan Kepala Stasiun Cilebut, Hidayat.

Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo, mengatakan jumlah penumpang KRL commuter naik dari 450 ribu menjadi 500-600 ribu orang per hari sejak diterapkannya e-ticket dan tarif progresif. Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, KCJ akan menambah armada dengan 180 gerbong kereta dan 50 pintu pada tahun ini. Saat ini tersedia 650 gerbong dan 400 pintu. "Penambahan 50 pintu ditargetkan selesai Agustus tahun ini," kata Tri.

AFRILIA SURYANIS | M SIDIK PERMANA | LINDA TRIANITA | ALI ANWAR

Terhangat:
Bentrok FPI | Bisnis Yusuf Mansyur | Aksi Liverpool di GBK

Baca juga:
Ini Alasan Jokowi Tak Gelar Operasi Yustisi
Diwawancarai Wartawan, Petugas Kebersihan Dimarahi
Kenapa Tanjung Priok Macet Total?
Ahok Tak Mau Gubris Pebisnis Fatmawati


Anda sedang membaca artikel tentang

Tangan Jahil Penumpang di Pintu Stasiun

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/07/tangan-jahil-penumpang-di-pintu-stasiun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tangan Jahil Penumpang di Pintu Stasiun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tangan Jahil Penumpang di Pintu Stasiun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger