H+3 Lebaran, Kawasan Puncak, Bogor, Macet Total

Written By Unknown on Senin, 12 Agustus 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Bogor - Tiga hari pasca Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah, ratusan ribu kendaraan yang kebanyakkan berasal dari Jakarta memacetkan sejumlah ruas jalan di wilayah Bogor.  

Berdasarkan data yang dihimpun petugas Satuan Lalu Lintas Polisi Resor Bogor dalam kurun empat hari mulai dari H-1 hingga H+2 Lebaran, jumlah kendaraan yang keluar melalui jalan Tol Jagorawi via Gerbang Tol (GT) Ciawi, tercatat sebanyak 113 ribu unit kendaraan roda empat  yang menuju kawasan Puncak dan 117 ribu unit kendaraan yang meninggalkan kawasan Puncak.

"Jumlah ini belum termasuk jumlah kendaraan yang masuk kawasan Puncak melalui ruas jalan Kota Bogor dan masyarakat yang menggunakan sepeda motor. Itu bisa mencapai dua kali lipat dari mobil," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polisi Resor Bogor Ajun Komisaris Muhamad Chaniago, Minggu 11 Agustus 2013.

Ia mengatakan, tidak seimbangnya volume kendaraan yang masuk dengan ruas jalan di kawasan Puncak mengakibatkan kemacetan yang cukup parah sejak pagi hingga siang hari. Mobil mengular sepanjang 11 kilometer.

"Kemacetan ini disebabkan tak seimbangnya volume kendaraan dengan kapasitas badan jalan di ruas Puncak sehingga membuat arus lalu lintas beberapa lokasi sempat mengunci dan macet total," tutur dia.

Menurutnya, lokasi-lokasi yang terpantau padat dengan kemacetan kendaraan itu adalah selepas tol Ciawi hingga kawasan simpang Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua.

Bahkan di simpang pos polisi 2 Gadog, Ciawi, terjadi kemacetan total karena ribuan kendaraan dari arah tol Ciawi dan Bogor saling bertemu di simpang Gadog.

"Kami pun terpaksa harus memberlakukan sistem one way (satu arah) karena kendaraan roda dua dan roda empat saling serobot menuju Puncak," kata dia

Tak hanya itu, kemacetan juga diakibatkan banyaknya masyarakat yang beristirahat makan dan mencari oleh-oleh dengan cara memarkirkan kenadraanya hingga badan jalan plus pedagang kaki lima berjualan di tepi jalan.

Sejumlah tempat wisata di wilayah Bogor juga dipadati puluhan ribu pengunjung asal Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Kepadatan juga terlihat di tempat wisata satwa Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor. Ratusan kendaraan mengantre hingga pintu loket. "Jumlahnya puluhan ribu," kata Humas TSI Yulius Suprihardo, Ahad 11 Agustus 2013.

Sementara itu, di Jungle Land, Sentul, juga dipadati sedikitnya 10 ribu kendaraan setiap harinya. "Kami sengaja perpanjang jam operasi dari pukul 09.00 hingga pukul 19.00 WIB," kata juru bicara Jungle Land, Minia Marus.

M SIDIK PERMANA


Topik Terhangat:
Arus Balik Lebaran | Ahok vs Lulung | Sisca Yofie | Penembakan Polisi | Bom Vihara Ekayana

Berita Terpopuler:
Mabes Polri: Ada yang Mengaku Pembunuh Sisca Yofie 
Sebelum Tewas, Sisca Yofie Datangi Penjahit 
5 Isi SMS yang Paling Buruk
Ditangkap, Sopir Koantas Terguling Mengaku Kernet 
Sisca Yofie Mengaku Punya Butik


Anda sedang membaca artikel tentang

H+3 Lebaran, Kawasan Puncak, Bogor, Macet Total

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/08/h3-lebaran-kawasan-puncak-bogor-macet.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

H+3 Lebaran, Kawasan Puncak, Bogor, Macet Total

namun jangan lupa untuk meletakkan link

H+3 Lebaran, Kawasan Puncak, Bogor, Macet Total

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger