MRT Telan Biaya Konstruksi hingga Rp 1,2 Triliun  

Written By Unknown on Rabu, 02 Oktober 2013 | 09.35

Gambar proyek pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Fase I, Lebak Bulus-Bundaran HI saat diresmikan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, (2/5). TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Proyek Mass Rapid Transit (MRT) akan dimulai pada Oktober ini. PT MRT Jakarta memperkirakan tahap konstruksi sampai akhir 2013 akan memakan biaya Rp 1,2 triliun. "Itu seluruhnya untuk uang muka ke kontraktor," ujar Direktur Keuangan PT MRT, Tuhiyat, ketika dihubungi Tempo, Selasa, 1 Oktober.

Dua konsorsium yang telah memenangi lelang konstruksi layang ruas Lebak Bulus-Senayan antara lain konsorsium Tokyu-Wika dan konsorsium Obayashi-Shimizu-Pembangunan Jaya. Nantinya, dana itu akan dibagikan untuk kedua konsorsium.

Ia mengatakan, dana sebesar Rp 1,2 triliun merupakan bagian dari pinjaman tahap pertama Japan International Cooperation Agency (JICA) yang telah cair beberapa waktu lalu.

Dari total pinjaman untuk pembangunan tahap pertama Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia sebesar 125 miliar yen, pinjaman yang sudah cair sebesar 48,150 miliar yen. Dana itu, menurut Tuhiyat, akan digunakan mulai dari peletakan batu pertama pada Oktober ini sampai akhir tahun depan.

Sedangkan sisa pinjaman berjumlah 75,128 miliar yen, ujarnya, menunggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta. Persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri dan kesediaan dari Direktur Utama MRT sudah dikantonginya.

Ia berharap, pinjaman itu bisa cair akhir tahun ini. Alasanya, agar pinjaman tahap kedua ini bisa langsung menyambung setelah pinjaman pertama habis dipakai di akhir 2014. "75,128 miliar yen itu kan akan digunakan sampai akhir masa konstruksi," katanya.

Lalu apa yang dilakukan setelah peletakan batu pertama atau groundbreaking dilakukan pada Oktober ini? Menurut Tuhiyat, perusahaan akan segera melakukan pengeboran awal di sejumlah titik. Namun sampai sekarang belum diketahui titik mana saja yang akan didahulukan. "Pengeboran bisa antara Bundaran HI, Dukuh Atas, sampai Bundaran Senayan. Sampai sekarang belum tahu," ujar Tuhiyat.

SUTJI DECILYA

Terhangat
Edsus LEKRA | Senjata Penembak Polisi | Mobil Murah


Baca juga

Diminta Tak Tergiur Jadi Capres, Jokowi: Apa?
Ahok: Jangan Coba Ubah Pancasila
Benget, Pembunuh Sadis Istrinya Sendiri, Tewas?
Holly Angela Ditemukan dengan Tangan Terikat


Anda sedang membaca artikel tentang

MRT Telan Biaya Konstruksi hingga Rp 1,2 Triliun  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/10/mrt-telan-biaya-konstruksi-hingga-rp-12.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MRT Telan Biaya Konstruksi hingga Rp 1,2 Triliun  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MRT Telan Biaya Konstruksi hingga Rp 1,2 Triliun  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger