Desember, Tangerang Bagikan 127 Ribu Kartu Sehat  

Written By Unknown on Kamis, 28 November 2013 | 09.35

Seorang ibu rumah tangga menunjukan Kartu Jakarta Sehat yang sudah diterimanya di Puskesmas Johar Baru, Jakarta, Selasa 18 Juni 2013. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Tangerang - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memastikan sebanyak 127 ribu warga miskin dan rentan miskin di Kabupaten Tangerang akan menerima pelayanan kesehatan gratis melalui program kartu sehat. Peluncuran kartu sehat tersebut, menurut Zaki, akan dilakukan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang pada 27 Desember 2013 mendatang. "Kartu sehat Kabupaten Tangerang sudah siap didistribusikan," ujarnya, Kamis, 28 November 2013.

Saat ini, kata Zaki, sudah ada 60 ribu kartu sehat yang telah didistribusikan melalui camat dan lurah atau kepala desa di Kabupaten Tangerang. Sisanya akan diselesaikan pada akhir Desember nanti. "Sehingga total 127 ribu warga miskin dan rentan miskin yang tidak tercover layanan Jamkesmas akan mendapatkan kartu sehat ini," katanya.

Zaki menargetkan pada 2014 seluruh warga miskin dan rentan miskin yang berjumlah 130 ribu jiwa akan tercover dalam program kartu sehat tersebut. Zaki mengakui distribusi kartu sehat ini lumayan tersendat karena banyak mengalami kendala. Salah satunya adalah sulitnya melakukan pendataan warga miskin.

Pemerintah daerah akan menanggung semua biaya kesehatan masyarakat miskin yang tidak tercover Jamkesmas. Tahun 2013 ini, Kabupaten Tangerang menggelontorkan anggaran sebesar Rp 40 Milyar untuk program kartu sehat. Pada tahun 2014 nanti, anggaran ditambah menjadi Rp 60 Milyar.

Mengantisipasi membengkaknya anggaran kesehatan gratis ini, Kabupaten Tangerang telah menyiapkan sistem terbatas, yaitu satu kartu hanya dimiliki satu nama dan satu alamat. "Artinya, dalam satu keluarga harus memiliki masing-masing satu kartu sehat," kata Zaki. Jangka waktu kartu sehat selama tiga tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Naniek Isnaeni menambahkan 103,4633 jiwa masyarakat miskin di Kabupaten Tangerang tercover dalam program jaminan sosial 2014. Ratusan ribu jiwa masyarakat miskin ini tercover dalam program jaminan kesehatan masyarakat nasional (Jamkesmas) yang dibiayan APBN sebanyak 904.633 jiwa dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dibiayai APBD sebanyak 130.000 jiwa.

JONIANSYAH


Anda sedang membaca artikel tentang

Desember, Tangerang Bagikan 127 Ribu Kartu Sehat  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/11/desember-tangerang-bagikan-127-ribu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Desember, Tangerang Bagikan 127 Ribu Kartu Sehat  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Desember, Tangerang Bagikan 127 Ribu Kartu Sehat  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger