Ini Pertimbangan Jokowi Terapkan Pajak Progresif

Written By Unknown on Selasa, 19 November 2013 | 09.35

Ekspresi Jokowi saat mengikuti acara "Meeting of The Governors and Mayors of the Capitals ASEAN" di JW Mariot Hotel, Jakarta, (19/09). Tempo/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berencana menerapkan sistem pajak progresif dalam pembelian kendaraan di Jakarta. Namun kebijakan tersebut belum dilakukan lantaran aturannya masih digodok.

Menurut Jokowi ada dua pertimbangan utama yang hingga kini masih dipikirkan. Pertimbangan pertama adalah nilai pajak yang akan dikenakan. Pemerintah, kata Jokowi, bisa saja memberikan pajak yang sangat tinggi untuk menekan pembelian kendaraan. Namun Jokowi khawatir masyarakat akan mengakalinya dengan cara membeli mobil di daerah lain dan dioperasikan di Jakarta.

"Malah bahaya, tetap tambah macet tetapi kami kehilangan pemasukan," kata Jokowi di rumah dinasnya, di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Senin, 18 November 2013.

Pertimbangan kedua adalah kendaraan keberapa yang seharusnya dikenai pajak tinggi. Awalnya, pemerintah berencana menerapkan pajak tinggi terhadap pembelian kendaraan kedua dan ketiga. Namun ada kemungkinan jumlah kendaraan kedua dan ketiga itu tidak signifikan. Sebab, banyak warga Jakarta yang baru pertama kali membeli kendaraan. atau menggunakan nama orang lain saat membeli mobil kedua atau ketiga.

Di samping memikirkan detil eksekusinya, Jokowi mengatakan pemerintah masih mencari bentuk regulasi yang pas untuk penerapan pajak progresif di Jakarta. "Jika sembarangan nanti saya malah dituntut di Pengadilan Tata Usaha Negara," ujar Jokowi.

Pajak progresif alias pajak tambahan yang lebih tinggi untuk kendaraan kedua dan seterusnya diberlakukan untuk mengerem laju pertumbuhan kendaraan bermotor di Jakarta. Pemerintah Jakarta menghendaki warga untuk menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan.

ANGGGRITA DESYANI

Berharga 1 Triliun, Ini Isi Rumah Baru Beckham  
Samad: Uang Organisasi Kok di Tempat Pribadi
Ups, Muncul Fenomena Tukar Pasangan atau Swinger
Australia Sadap Telepon Presiden SBY 15 Hari
Hakim Vica Diduga Selingkuh dengan 'Brondong'  
Ini Daftar Pejabat yang Disadap Australia
Konvensi Tak Ramai, Demokrat Salahkan Peserta  


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Pertimbangan Jokowi Terapkan Pajak Progresif

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/11/ini-pertimbangan-jokowi-terapkan-pajak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Pertimbangan Jokowi Terapkan Pajak Progresif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Pertimbangan Jokowi Terapkan Pajak Progresif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger