Hari Terakhir, Uji Coba Tutup Pintu Tol Berlanjut?  

Written By Unknown on Rabu, 18 Desember 2013 | 09.35

TEMPO.CO, JakartaUji coba penutupan sejumlah pintu tol dalam kota memasuki hari terakhir pada hari ini, Rabu, 18 Desember 2013. Setelah dua hari berjalan pada Senin dan Selasa lalu, polisi mengakui uji coba tak sepenuhnya menyelesaikan masalah kemacetan lalu lintas.

Penutupan tiga pintu keluar tol di Pancoran (Tebet) dan Tegal Parang, keduanya di Jakarta Selatan, serta depan RS Dharmais di Jakarta Barat, misalnya, tak membuat kemacetan di jalan arteri menyusut. Sebaliknya, menjadi semakin panjang.

"Ada peningkatan di jalur arteri selepas pukul sembilan (pagi)," ujar Wakil Kepala Sub Direktorat Patroli Jalan Raya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Doni Eka Saputra, Selasa, 17 Desember 2013.

Ia mengatakan, penumpukan kendaraan di jalur arteri karena penutupan akses keluar jalan tol itu tak dapat dihindari dan jumlah kendaraan di ibu kota sudah melebihi kapasitas. Kondisi yang sama tampak pada dampak penutupan pintu masuk di Semanggi I. "Tidak mudah, karena sudah overload," ujarnya.

Pernyataan senada disampaikan pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia, Ellen Tangkudung. Menurutnya, kebijakan penutupan pintu tol tak akan berumur panjang karena memang kebijakan itu bukan solusi dari menumpuknya kendaraan yang melalui Jakarta setiap harinya.

"Penutupan pintu tol adalah sia-sia," katanya sambil menambahkan, "Kemacetan tak terurai dan malah menambah daftar titik kemacetan di wilayah Jakarta, terutama di dalam tol."

Polisi menegaskan kembali, kalau penutupan tiga pintu keluar tol dan satu pintu masuk masih bersifat sementara. Rekayasa lalu lintas ini akan dievaluasi setelah tiga hari diuji coba—terakhir hari ini. "Butuh tiga hari untuk evaluasi apa akan diperpanjang, dihentikan, atau (ditutup) permanen," ujar juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Selasa, 17 Desember 2013.

M. ANDI PERDANA

Terpopuler
Atut Tersangka, Golkar: Tiada Maaf bagimu 
Atut Tersangka, Rano Karno Disiapkan Jadi Gubernur 
KPK Resmi Tetapkan Atut sebagai Tersangka
Terkait Suap MK, Atut Bertemu Akil di Singapura


Anda sedang membaca artikel tentang

Hari Terakhir, Uji Coba Tutup Pintu Tol Berlanjut?  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/12/hari-terakhir-uji-coba-tutup-pintu-tol.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari Terakhir, Uji Coba Tutup Pintu Tol Berlanjut?  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari Terakhir, Uji Coba Tutup Pintu Tol Berlanjut?  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger