Ratusan Perempuan Diduga Hendak Diperdagangkan

Written By Unknown on Selasa, 24 Desember 2013 | 09.35

Sebanyak 12 calon tenaga kerja wanita (TKW) berhasil diamankan di Polres Jakarta Selatan, Rabu (15/12). Calon TKW yang diduga korban penggelapan manusia (Human Trafficking) ini diamankan dari penampungan daerah jalan Pengadegan, Pancoran beberapa hari lalu. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menggerebek sebuah rumah di Jalan Cendana Nomor 14, Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Selasa dini hari, 24 Desember 2013. Rumah mewah itu diduga digunakan sebagai penampungan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal,

Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan sebanyak 161 calon Tenaga Kerja Wanita (TKW), 20 di antaranya masih di bawah umur. Para calon TKW itu didatangkan oleh salah satu agen ketenagakerjaan sejak tiga bulan terakhir. Diduga, mereka akan diselundupkan ke luar negeri.

Mereka didatangkan melalui sponsor di wilayah masing-masing seperti dari Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, berbagai wilayah di Pulau Jawa, maupun Kalimantan. Mereka ditampung terlebih dahulu di rumah tersebut sebelum diberangkatkan ke sejumlah negara seperti Malaysia, Hongkong, dan Singapura.

Salah satu calon tenaga kerja, F, 26, mengatakan, ia sudah berada di tempat penampungan itu sejak dua bulan lalu. Ia berangkat dari kampungnya di Nusa Tenggara Timur karena dijanjikan pekerjaan di luar neger dengan diberikan uang saku sebesar Rp 1 juta. "Belum berangkat sampai sekarang," ujar F.

Kepala Unit III Trafficking Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim , Komisaris Arie Dharmanto, mengatakan pihaknya masih melakukan pengembangan ihwal pengungkapan kasus tersebut. Polisi juga masih mendalami dugaan perdagangan manusia secara internasional.

Sebelumnya polisi telah memintai keterangan seorang berinisial Y di Nusa Tenggara Timur. Dari keterangan itu diduga ada kaitan dengan tempat penampungan TKI di Bekasi. "Ada keluarga korban yang melapor," katanya, Selasa, 24 Desember 2013. "Masih dikembangkan dan didalami," ujarnya.

Setelah menggerebek tempat tersebut, polisi mendata satu per satu para calon TKW itu. Rencananya, pagi ini mereka akan dievakuasi ke rumah aman Kementerian Sosial, sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

ADI WARSONO


Anda sedang membaca artikel tentang

Ratusan Perempuan Diduga Hendak Diperdagangkan

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/12/ratusan-perempuan-diduga-hendak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ratusan Perempuan Diduga Hendak Diperdagangkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ratusan Perempuan Diduga Hendak Diperdagangkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger