Uji Coba Tol JORR W2 Ruas Meruya-Ciledug Gratis

Written By Unknown on Sabtu, 28 Desember 2013 | 09.35

Petugas mengatur lalu lintas saat peresmian dan uji coba Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) di Meruya, Jakarta Barat, Jumat (27/12). Tol akan digunakan dari arah Ciledug menuju Bandara Soekarno Hatta serta mengurangi kepadatan kendaraan di tol dalam kota. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO , Jakarta:Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2 ruas Meruya-Ciledug akan diujicoba untuk umum pada Sabtu, 28 Desember 2013. "Ujicoba akan dimulai pada pukul 06.00 dan gratis," kata Kepala Gerbang Tol Ruas Meruya-Ciledug, Anas Emil Jaya, di kantornya, Jumat sore, 27 Desember 2013.

JORR W2 yang panjangnya 5,73 kilo meter itu diresmikan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Jumat, 27 Desember. Jalan tol ini akan menembus hingga Ulujami, Jakarta Selatan. Namun karena masih ada kendala pada pembebasan lahan, maka ruas Ciledug-Ulujami belum selesai dan belum bisa dioperasikan.

Kendati digratiskan, tidak semua jenis kendaraan diperbolehkan masuk ke tol. "Masih terbatas untuk golongan 1 saja, atau mobil jenis sedan, jip, dan minibus," kata Anas. Sedangkan untuk bus atau truk bertonase besar belum diperbolehkan, karena pihak pengelola tol masih akan memantau kepadatan lalu lintas di pintu keluar tol baru ini.

Pihak PT Marga Lingkar Jakarta, perusahaan gabungan PT Jasa Marga dan PT Jakarta Propertindo yang mengelola tol ini akan melakukan ujicoba selama tiga hari kedepan. "Operasi secara penuh baru dimulai pada 1 Januari 2014," kata Anas.

"Selama itu akan gratis bagi kendaraan golongan 1." Dia belum bisa memastikan berapa besaran tarif tolnya karena masih menunggu keputusan menteri. Namun diperkirakan tarif tol yang akan dikenakan pada kendaraan golongan 1 sebesar Rp 3.500.

Pantauan Tempo di lokasi Jumat sore, sejumlah petugas memasang alat pendukung di setiap gerbang tol. Di setiap pintu masuk dan keluar tol sudah terpasang papan tarif harga tol, namun belum ada harga resmi yang terpasang.

Pengawas Gerbang Tol Meruya 2, Wisnu Ramadan, mengatakan beberapa alat yang hari ini sedang dipasang diantaranya sistem fiber optic untuk menyambungkan jaringan komputer di gerbang tol. "Setelah ini semua sudah siap," kata dia. Semua rambu-rambu, marka, dan penerangan jalan sudah terpasang. Permukaan jalan pun terasa mulus, kendati tidak dilapisi aspal.

PRAGA UTAMA

Topik Terhangat
Atut Ditahan | Natal dan Tahun Baru | SEA Games | Jokowi Nyapres | Petaka Bintaro

Berita Terpopuler
Tatu: Ada Orang DPP Golkar yang Mau Jegal Saya 
Andika, Putra Bungsu Atut: Fokus untuk Ibu 
Jokowi-Rhoma Rencanakan Gowes Bareng 
Jadi Penerus Dinasti Atut, Andika: Belum ke Situ 
Atut Diduga Kecipratan Duit Proyek Alkes  


Anda sedang membaca artikel tentang

Uji Coba Tol JORR W2 Ruas Meruya-Ciledug Gratis

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/12/uji-coba-tol-jorr-w2-ruas-meruya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Uji Coba Tol JORR W2 Ruas Meruya-Ciledug Gratis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Uji Coba Tol JORR W2 Ruas Meruya-Ciledug Gratis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger