Awas, Tanggul Jebol di Wilayah Ini

Written By Unknown on Rabu, 22 Januari 2014 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Sungai Ciliwung meluap. Akibatnya beberapa tanggul di sejumlah wilayah jebol. Tanggul terbaru yang rontok diterjang luapan Ciliwung adalah tanggul di Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan. Tanggul ini jebol Selasa, 21 Januari sekitar pukul 22.30. Akibatnya air menggenangi hingga setinggi 2 meter.

Berikut tanggul-tanggul jebol yang mesti diwaspadai warga DKI Jakarta.

Tanggul Kebon Baru, Tebet

Tanggul ini terletak di RT 10/09 Jalan H. Bawah Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan. Letaknya tak jauh dari stasiun Tebet, Cawang. Lebar tanggul yang jebol itu mencapai 15 meter.

Warga dibantu TNI dan polisi langsung memperbaiki tanggul ini. Tapi luapan air yang deras tak bisa dibendung. Air langsung masuk membanjiri permukiman warga hingga mencapai sekitar 2 meter.

Ada sekitar 6 RW yang tergenang. Proses evakuasi masih terus berlangsung hingga kini. Lantaran arusnya deras, proses evakuasi tak bisa menggunakan perahu karet biasa. Polisi dan TNI harus menggunakan perahu karet yang bermesin.

Tanggul Kali Sekretaris, Petamburan

Tanggul kali ini berada di pinggir Jalan Sasak Masir, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan. Tanggul ini jebol pada Minggu, 19 Januari, pukul 04.00. "Debit air yang besar mengakibatkan tanggul tak mampu menahan," ujar Camat Grogol Petamburan Denny Ramdany.

Upaya yang pertama dilakukan adalah menambal tanggul dengan karung pasir. Sudin PU Tata Air kemudian mengganjalnya dengan pelat besi. Kini, tanggul yang jebol sekitar 30 sentimeter itu sudah ditutup.

Tapi luapan air dari Kali Sekretaris sudah terlanjur tumpah ke Kali Gendong yang berada di sampingnya. Akibatnya kawasan Tanjung Duren sempat terendam antara 50 sentimeter hingga 1 meter.

Tanggul Kali Pesanggrahan, Kedoya

Tanggul ini terletak di RT 05 dan RT 03, RW 05, Kelurahan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jebol pada Minggu, 19 Januari, limpahan air membuat warga di 14 wilayah rukun tetangga di RW 05 itu mengungsi.

Lebih dari 5.000 pengungsi itu disebar di banyak posko pengungsian. "Air sempat mencapai ketinggian 2 meter," ujar ketua RW 05, Sumardi Ramlan.

Sejak tanggul tersebut jebol, air yang membanjiri pemukiman semakin deras. "Kami belum sempat memperbaiki karena tidak punya material," kata dia saat itu. Kini pemerintah Kota Jakarta Barat tengah memperbaiki tanggul tersebut.

Tanggul Cibitung, Bekasi

Baru dibangun satu tahun, tanggul Cibitung di  Kabupaten Bekasi jebol, Sabtu, 18 Januari lalu.
Tanggul itu terkikis oleh kencangnya debit air hingga air meluber ke perumahan milik warga yang berada di bantaran sungai. "Kami minta agar tanggul itu diperbaiki, karena baru setahun sudah jebol," kata Ajra, warga Komplek Mustika Wanasari.

Akibat jebolnya tanggul itu banjir memenuhi seluruh komplek perumahan di Cibitung, Bekasi, Jabar, seperti Mustika Wanasari, Kartika Wanasari, Graha Permata, Villa Wanasari, dan Regency serta kawasan industri Gobel.

Ketinggiannya bervariasi antara 60 sentimeter sampai 2,5 meter hingga memaksa warga harus mengungsi ke pelataran ruko atau menginap di rumah saudara yang aman dari banjir.

YR


Anda sedang membaca artikel tentang

Awas, Tanggul Jebol di Wilayah Ini

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/01/awas-tanggul-jebol-di-wilayah-ini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Awas, Tanggul Jebol di Wilayah Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Awas, Tanggul Jebol di Wilayah Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger