Bahas Sodetan, Jokowi Janji Libatkan Semua Pihak

Written By Unknown on Sabtu, 18 Januari 2014 | 09.36

Dua anak berpose di samping Gubernur DKI Jakarta Jokowi usai menyaksikan Pertunjukan seni Gema Nusantara karya Bagong Kussudiardja dalam Perjalanan menjadi Indonesia di TIM, Cikini, Jakarta (28/11). TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO , Jakarta:- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan, semua pihak yang dinilai berkepentingan untuk urusan pembuatan sodetan Katulampa dan Ciliwung - Cisadane akan diajak pada pertemuannya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Senin, 20 Januari 2014 mendatang. "Semuanya diajak," kata Jokowi, Jumat 17 Januari 2014.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan, pertemuan yang akan dilangsungkan di Bogor nanti tersebut akan melibatkan Kementerian PU dan Gubernur Jawa Barat. Dalam kesempatan yang berbeda, Wali Kota Tangerang Arief Rachardiono Wismansyah berharap Jokowi bersedia menemuinya untuk membahas masalah banjir di Jakarta - Tangerang.

Menurut Jokowi, pembicaraan nanti akan berupa pematangan rencana pembuatan meski dirinya masih belum bisa memastikan apakah pembuatan sodetan akan dilakukan atau tidak. "Kalau saya pastikan dan yang lain ndak setuju, gimana?" kata Jokowi.

Terkait penolakan masyarakat Tangerang yang menyebut pembuatan sodetan hanya akan mengalihkan banjir ke daerah mereka, Jokowi mengatakan, hal tersebut akan masuk dalam pembicaraan. "Rencana ini, kan, sudah lama dan sudah dihitungkan," kata Jokowi.

Jokowi sendiri mendorong kembali pelaksanaan rencana pembangunan sodetan Katulampa di Bogor, Jawa Barat, menuju Sungai Cisadane di Tangerang, Banten. Rencana ini sebenarnya sudah ada sejak 2000. "Akan saya bicarakan lagi rencana lama ini dengan Kementerian Pekerjaan Umum," kata Jokowi pada Rabu, 15 Januari lalu.

Menurutnya, sodetan tersebut bisa mengurangi beban air dari Katulampa ke Kali Ciliwung, Jakarta. Mantan Wali Kota Surakarta ini menuturkan terowongan bawah tanah tersebut bisa melengkapi sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur yang sedang dibangun pemerintah pusat. "Sehingga banjir di kawasan Jakarta bisa dikurangi."

ISMI DAMAYANTI


Anda sedang membaca artikel tentang

Bahas Sodetan, Jokowi Janji Libatkan Semua Pihak

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/01/bahas-sodetan-jokowi-janji-libatkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bahas Sodetan, Jokowi Janji Libatkan Semua Pihak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bahas Sodetan, Jokowi Janji Libatkan Semua Pihak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger