Februari, Layanan IMB DKI Pakai Sistem Online

Written By Unknown on Selasa, 21 Januari 2014 | 09.35

Tidak memiliki Surat Izin Membangun (IMB), proyek pembangunan gedung Perawatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo disegel, di Jalan Diponegoro, Jakarta, (12/1). Penyegelan juga dilakukan karena robohnya panel yang meneaskan satu orang. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO , Jakarta:Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan DKI, Putu Indiana menjanjikan layanan pembuatan izin mendirikan bangunan dengan sistem online pada Februari nanti. "Paling lambat launching 1 Februari," katanya kepada Tempo, Senin 20 Januari 2014.

Menurutnya, ini akan menjadi layanan publik daring pertama di lingkup Pemprov DKI. Saat ini Dinas sedang menyiapkan peluncuran sistem tersebut. Dengan pelayanan sistem online, ia menargetkan proses pembuatan IMB bakal lebih cepat. "Maksimal seminggu." kata dia. Sekarang, pembuatan IMB masih berlangsung dua minggu hingga berbulan-bulan. Warga pun masih lebih memilih menggunakan jasa calo.

Nantinya, semua pendaftaran akan dilakukan secara online melalui www.dppb.go.id sehingga pemohon tidak perlu datang ke kantor P2B. "Nantinya tidak ada lagi loket di sini," kata Putu. Sistem ini menghubungkan Dinas dengan Suku Dinas P2B, hingga tingkat kecamatan.

Pada situs itu, pemohon tinggal memilih menu IMB rumah tinggal atau non rumah tinggal. Setelah itu, pemohon memasukkan lampiran data berupa gambar bangunan yang dimaksud. Pengisian data harus lengkap. Jika tidak, permohonan akan tertolak. "Setelah persyaratan terpenuhi, kami kirim persetujuan izin diterima."

Lalu, pemohon mesti membayar retribusi ke Bank DKI. Setelah membayar, buktinya dipindai lalu dikirim. Dalam jangka panjang, Putu berencana bekerjasama dengan Bank DKI agar pembayaran bisa otomatis.

ATMI PERTIWI

Berita Terpopuler:
Percakapan Akil Mochtar Soal Pembagian Suap 
SBY Sakit Hati Tak Jadi Wapres Mega
Banjir, Tol Menuju Bandara Soekarno-Hatta Terendam 
Curhat SBY Soal Hubungannya dengan Mega 
Eto'o Hat-trick, Chelsea Bantai MU  

 


Anda sedang membaca artikel tentang

Februari, Layanan IMB DKI Pakai Sistem Online

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/01/februari-layanan-imb-dki-pakai-sistem.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Februari, Layanan IMB DKI Pakai Sistem Online

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Februari, Layanan IMB DKI Pakai Sistem Online

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger