Tangerang Minta Pusat Bantu Normalisasi Sungai

Written By Unknown on Senin, 27 Januari 2014 | 09.35

Alat berat dikerahkan saat membangun tanggul kali Angke di kawasan Pondok Bahar, Tangerang, Banten, Minggu (24/11). Proyek pembangunan tanggul kali Angke ini bertujuan untuk mengatasi banjir. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Tangerang - Wali Kota Tangerang Arief Rachardiono Wismansyah mengatakan telah menyiapkan sejumlah poin yang akan dibawa dalam pertemuan di Kementerian Pekerjaan Umum hari ini, Senin, 27 Januari 2014. Poin pertama adalah normalisasi Sungai Cisadane dan perbaikan Pintu Air 10. Selain itu, lanjutnya, pemerintah pusat juga diharapkan membantu normalisasi tiga sungai laib yang menjadi penyebab banjir di Tangerang yaitu, Kali Ledug, Kali Sabi dan Kali Angke. "Kami minta Kementerian PU untuk menormalisasi tiga kali itu,"kata Arief.

Menurut dia, normalisasi ketiga sungai itu juga merupakan kewenangan pemerintah pusat. Kota Tangerang, ia melanjutkan, tidak mampu membiayai proyek normalisasi yang membutuhkan anggaran sangat besar tersebut. "Kali Angke saja butuh anggaran Rp 300 Milyar untuk pembebasan lahannya saja, Kota Tangerang hanya mampu menyiapkan anggaran Rp 175 Milyar, sisanya kami minta bantuan pemerintah pusat,"katanya.

Minimnya pendanaan dan susahnya pembebasan lahan menjadi kendala utama normalisasi sungai di Kota Tangerang selama ini. Padahal, kata Arief, tanpa normalisasi 10 kecamatan dari 13 kecamatan di Kota Tangerang akan terus menjadi langganan banjir. Ia berharap pemerintah pusat lebih serius dan konsisten dalam program penanggulangan banjir ini. "Jangan seperti makan cabe,"katanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, serta Wali Kota dan Bupati Tangerang sepakat membatalkan rencana membuat sodetan dari Kali Ciliwung ke Cisadane. Gubernur DKI Joko Widodo sepakat mendahulukan nomalisasi sungai Cisadane sebelum dibuat sodetan. Pertimbangannya, ketinggian air Cisadane sudah mencapai bibir sungai yang membuat Tangerang terancam kebanjiran.

JONIANSYAH


Anda sedang membaca artikel tentang

Tangerang Minta Pusat Bantu Normalisasi Sungai

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2014/01/tangerang-minta-pusat-bantu-normalisasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tangerang Minta Pusat Bantu Normalisasi Sungai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tangerang Minta Pusat Bantu Normalisasi Sungai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger