Didukung Dahlan, Jokowi Urus Monorel Hingga Kopaja  

Written By Unknown on Kamis, 18 Oktober 2012 | 09.35

Kamis, 18 Oktober 2012 | 08:22 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghidupkan kembali proyek monorel yang terhenti sejak 2003. Ia meminta PT Adhi Karya (Persero), yang menggagas proyek itu, segera mempresentasikan pembangunan monorel pada hari ini atau awal pekan depan. "Kalau bisa, ya, langsung jalan," ujarnya, Rabu, 17 Oktober 2012.

Dukungan untuk segera membangun monorel datang dari Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan. Proyek ini, kata Dahlan, akan ekonomis jika bisa menggantikan busway. Dengan begitu, busway bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kemacetan. "Idenya begitu," ujarnya.

Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan, menyatakan proyek monorel akan dikerjakan bersama BUMN dan BUMD. "Proyek ini tak akan menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah," ujarnya. Dia memperkirakan pembangunan infrastruktur akan selesai dalam 2-3 tahun.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyarankan reformulasi proyek tersebut. Langkah itu diperlukan agar kegagalan di masa lalu tak terjadi lagi. Pemerintah Jakarta bisa meminta bantuan ahli untuk menghitung ulang kelayakan proyek tersebut.

Adapun mengenai penjaminan proyek oleh pemerintah, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menolak berkomentar. "Soal penjaminan, terkait dengan transaksi keuangan dan rencana keuangan, saya belum tahu karena belum baca," ujarnya. Menurut dia, proyek monorel merupakan inisiatif korporasi swasta. Korporasi tersebut kemudian mengajak pemerintah DKI Jakarta sebagai pemegang saham. "Nah, ini urusannya di daerah," katanya.

Selain menghidupkan kembali proyek monorel, Jokowi menyatakan akan segera meremajakan bus Kopaja. "Kopaja ada yang sudah 15 tahun, 30 tahun, ini bahaya," kata dia pada saat inspeksi ke Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, kemarin. "Rem saja enggak ada, spidometer enggak ada. Terus bagaimana?"

Baca Lengkap di Koran Tempo

ALI NY | SUTJI D | GUSTIDHA B | AYU PRIMA | MARIA YUNIAR | ATMI PERTIWI

Berita Terpopuler
Model Novi Amilia Langganan Dibopong Satpam
Jokowi Diundang untuk Dampingi SBY
Alasan Jokowi Rajin Keliling Kampung
Ahok Sidak Balai Kota
Tabrak 7 Orang, Novi Amilia Ngaku Tidak Sengaja


Anda sedang membaca artikel tentang

Didukung Dahlan, Jokowi Urus Monorel Hingga Kopaja  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/10/didukung-dahlan-jokowi-urus-monorel.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Didukung Dahlan, Jokowi Urus Monorel Hingga Kopaja  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Didukung Dahlan, Jokowi Urus Monorel Hingga Kopaja  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger