Busway Dinilai Paling Efektif Urai Macet Jakarta

Written By Unknown on Kamis, 08 November 2012 | 09.35

Rabu, 07 November 2012 | 22:14 WIB

TEMPO.CO, Jakarta-Pengembangan angkutan masal berbasis bus seperti busway dinilai paling efektif untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Soalnya, busway dapat mengangkut hingga sepuluh kali lipat jumlah orang yang bisa diangkut menggunakan mobil pribadi.

Country Director Institute for Transportation & Development Policy, Yoga Adiwinarto, mengatakan penambahan tol dalam kota bukanlah solusi mengatasi kemacetan. "Menambah jalan berarti membuat orang lebih banyak menggunakan mobil pribadi, ujung-ujungnya tetap macet," kata dia ketika dihubungi Rabu, 7 Oktober 2012.

Hal terpenting dalam mengurai kemacetan menurut dia bukanlah menambah panjang jalan, melainkan mengoptimalkan jalan yang ada untuk mengangkut sebanyak mungkin orang. Yoga mengatakan jalan selebar 3,5 meter hanya bisa digunakan oleh 2000 orang setiap jam jika menggunakan mobil pribadi. "Padahal ruas jalan yang sama bisa mengangkut hingga 20.000 orang jika busway dikembangkan dengan optimal," ujarnya.

Hal tersebut tentu masih harus diiringi pengembangan armada dan fasilitas pendukung busway. Dengan kondisi saat ini busway baru mampu mengangkut 6600 orang setiap jam. Yoga mengatakan, pemerintah perlu mengembangkan halte busway agar bisa menjadi perhentian bagi 6 bus sekaligus untuk rute yang berbeda. Dengan begitu waktu tunggu penumpang dan jarak antar-armada dapat dipangkas. "Idealnya bus datang setiap tiga menit pada jam sibuk dan setiap lima menit pada jam lainnya," tutur Yoga.

Dari segi biaya, optimalisasi busway juga dinilai paling murah. Pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota membutuhkan dana Rp 41 triliun. Padahal optimalisasi busway hanya membutuhkan dana Rp 2 triliun. "Itu sudah bisa meningkatkan daya angkut delapan kali lipat dari saat ini yang hanya mampu mengangkut 6600 orang per jam," tuturnya.

Dibandingkan dengan membangun MRT (mass rapid transit), biaya optimalisasi busway pun masih jauh lebih murah. MRT yang memerlukan biaya pembangunan Rp 17 triliun hanya mampu mengangkut 25.000 orang per jam.

Waktu optimalisasi busway juga diperkirakan jauh lebih singkat. Yoga memperkirakan peningkatan fasilitas halte busway di satu koridor hanya memerlukan waktu 8 bulan. Dalam jangka waktu tersebut diperkirakan sekitar 20 halte sudah bisa ditingkatkan kemampuannya untuk menampung 6 bus dalam waktu bersamaan. "Coba kalau membangun MRT dari awal, hasil apa yang bisa dilihat setelah 8 bulan?" tuturnya.

ANGGRITA DESYANI

Baca juga:
Transjakarta Sering Terbakar karena Faktor Umur
Tarif Pengumpan Transjakarta Turun Jadi Rp 3.500
Gas Tak Dibayar, Busway Terancam
Bahas Transportasi, Jokowi Temui Gubernur Atut
Tiga Alasan Transjakarta Tak Maksimal Layani Warga


Anda sedang membaca artikel tentang

Busway Dinilai Paling Efektif Urai Macet Jakarta

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/11/busway-dinilai-paling-efektif-urai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Busway Dinilai Paling Efektif Urai Macet Jakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Busway Dinilai Paling Efektif Urai Macet Jakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger