Jokowi: MRT Lanjut dengan Catatan

Written By Unknown on Jumat, 30 November 2012 | 09.35

Jum''at, 30 November 2012 | 09:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, memberi sinyal positif untuk melanjutkan proyek MRT. Sebelumnya Jokowi meninggalkan rapat tentang MRT untuk mengunjungi warga di Cilincing, Jakarta Utara, Rabu, 28 November 2012 lalu.

Kemudian pada Kamis malam, 29 November 2012, Jokowi memanggil Direktur Utama PT MRT Jakarta, Tribudi Rahardjo, untuk berbicara empat mata di Balai Kota, Jakarta Pusat. Mereka bertemu selama sekitar 20 menit. "Hasilnya positif, lanjutkan dengan catatan," ujar Jokowi di Balai Kota, Kamis malam, 29 November 2012.

Menurut Jokowi, penjelasan yang ia terima dari PT MRT Jakarta sudah gamblang. "Tapi perlu saya sampaikan beberapa poin, nanti saya akan jelaskan secara detail mana yang perlu saya sampaikan ke masyarakat," katanya.

Kemudian Jokowi menjelaskan tentang harga per kilometer yang diajukan Tribudi tidak mahal, tetapi juga tidak murah. Harga itu juga masih akan ditenderkan. "Sekitar Rp 900 miliar dan mestinya bisa turun dari itu. Tapi masalah harga per kilometernya sudah tidak membebani saya," ujarnya.

Setuju dalam harga per kilometer, Jokowi masih mempermasalahkan harga tiket yang akan dibebankan kepada masyarakat. Ia mengatakan, harga tiket MRT masih sedikit lebih mahal dari yang diinginkan.

Jokowi mengatakan akan meminta kepada pemerintah pusat soal pembagian tanggungan dana proyek ini. Ia keberatan jika DKI Jakarta dibebankan 42 persen dari nilai proyek. "Saya minta pembagian dengan pemerintah pusat 70:30 supaya beban kami tidak terlalu berat," katanya. "Sehingga nanti subsidi tiketnya tidak terlalu besar."

Untuk membahas soal pembagian tanggungan dana proyek MRT, Jokowi mengatakan akan bertemu dengan Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, pekan depan.

Jokowi menjelaskan harga tiket MRT yang dia inginkan berkisar antara Rp 9-10 ribu.  Sedangkan dalam hitungannya, harga tiket tanpa subsidi sebesar Rp 38 ribu. Rencananya dari nilai itu, nanti akan diberi subsidi Rp 15 ribu.

TRI ARTINING PUTRI

Berita lainnya:
VIDEO Penonton Malaysia Hina Indonesia
Ahok: Pemda DKI Kelebihan Orang Tak Dibutuhkan
Kekayaan Istri Mochtar Mohamad, Minus 
5 Calon Presiden Terpopuler Menuju 2014 
Bakrie Tak Masuk 40 Besar Orang Terkaya Forbes
Angie: Nazar, Anda Orang Terjahat di Muka Bumi


Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi: MRT Lanjut dengan Catatan

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/11/jokowi-mrt-lanjut-dengan-catatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi: MRT Lanjut dengan Catatan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi: MRT Lanjut dengan Catatan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger