Warga Miskin Jakarta Bakal Punya Dokter Pribadi

Written By Unknown on Minggu, 04 November 2012 | 09.35

Minggu, 04 November 2012 | 03:53 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Ada terobosan lainnya yang akan dilakukan Pemerintah DKI Jakarta periode Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama ini. Selain akan meluncurkan Kartu Jakarta Sehat pada 10 November, Jokowi ingin warga miskin memiliki dokter pribadi. Sehingga penyakit yang diderita bisa segera didiagnosis dan ditangani.

Caranya dengan melibatkan mahasiswa fakultas kedokteran di beberapa universitas yang melakukan praktek kerja nyata. "Ingin sekali setiap rumah tangga miskin punya dokter pribadi," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota Jakarta, Sabtu 3 November 2012.

Dengan itu, penyakit yang diderita warga miskin bisa segera diketahui. Jika penyakit yang diderita cukup parah, warga pun bisa langsung dirujuk ke rumah sakit yang terdekat.

Selain itu, kata Basuki, pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membuat standar operasional prosedur (SOP) untuk rujukan agar bisa diterapkan di RSUD milik DKI maupun puskesmas. "Sehingga nantinya warga tidak menyerbu ke RSCM, tapi bisa disebar ke RSUD dan puskesmas di Jakarta," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Dien Emmawati, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan 11 universitas yang ada di Jakarta. Antara lain Universitas Indonesia, Trisakti, Atmajaya, Universitas Islam Jakarta, Yarsih, dan Tarumanegara. "Kami akan maksimalkan ko-as (ko-asisten atau asisten dokter) di fakultas kedokteran yang ada di Jakarta," ujarnya.

Menurut Dien, untuk memaksimalkan program itu dibutuhkan 500 tenaga. Sebab ada sebanyak 1,2 juta warga miskin yang harus dilayani. "Se-Jakarta butuh 500 ko-as, untuk melayani 1,2 juta jiwa warga miskin," ujar dia.

SUTJI DECILYA

Berita lain:
Duduki Lahan Arthaloka, 23 Orang Bersenpi Ditahan
Polisi Ringkus 6 Tersangka Pengeroyokan di Cipulir 
Hujan, Jokowi Pantau Pintu Air Manggarai
Investor Bekasi Optimistis Masalah Buruh Beres  


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Miskin Jakarta Bakal Punya Dokter Pribadi

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/11/warga-miskin-jakarta-bakal-punya-dokter.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Miskin Jakarta Bakal Punya Dokter Pribadi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Miskin Jakarta Bakal Punya Dokter Pribadi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger