3 Isu yang Menghantam Abang Tukang Bakso

Written By Unknown on Sabtu, 15 Desember 2012 | 09.35

Sabtu, 15 Desember 2012 | 04:03 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Ada tiga isu besar yang kerap meruntuhkan moral pembuat atau pedagang bakso. Tak sedikit akibat isu itu banyak pedang bakso gulung tikar hingga akhirnya beralih ke profesi lainnya.

Johan, 35 tahun, salah seorang pedagang bakso sapi di Jalan Melur Jakarta Utara, menyatakan sedikitnya ada tiga isu negatif yang kerap muncul yang bisa membuat pening abang tukang bakso. "Pokoknya kalau tidak bakso formalin, bakso tikus atau seperti kali ini bakso babi," ujarnya, Jumat, 14 Desember 2012.

Sebagai makanan yang disenangi warga, isu negatif terhadap bakso langsung menyebar dalam waktu singkat. "Seperti saat ini (bakso babi), meskipun baru kemarin, omzet jualan saya langsung turun," ujarnya.

Ia berharap aparat segera melakukan tindakan tegas agar kerugian tukang bakso tidak melebar. "Jelas kerugiannya, sebab biaya pembuatan mahal," katanya.

Ableh--panggilan akrab Johan--mengaku dari ketiga isu yang mencuat, pemberitaan negatif soal bakso tikus paling besar dirasakan dampaknya. "Saya hampir setengah bulan berhenti jualan karena terus merugi," kata dia. Namun beruntung saat itu isu tersebut terus mereda hingga kepercayaan masyarakat tumbuh.

Untuk isu bakso babi saat ini, ia berharap segera berlalu dan warga kembali membeli barang dagangannya. Sebelum isu bakso babi berkembang, kata dia, gerobaknya mampu menjual sekitar 70 porsi atau sekitar Rp 700 ribu per hari. Namun seiring berkembangnya isu daging babi hanya sekitar 30 porsi yang ia jual.

Jika kondisi saat ini tidak kunjung mereda, Ia memperkirakan siklus jualannya bakal terganggu. "Kalau terus begini, modal saya bakal terus habis," kata dia. "Biasanya saya habis sampai empat kilo daging, kini dua kilo saja masih banyak."

JAYADI SUPRIADIN

Berita lain:
YLKI Minta Pedagang Daging Sapi Palsu Dipidana 
Daging Sapi di Jaksel Ternyata Daging Babi
Polisi Tangkap Pejagal Curang
Depok Bebas Daging Ilegal
Universitas Negeri Malang Buka Kuliah Gratis


Anda sedang membaca artikel tentang

3 Isu yang Menghantam Abang Tukang Bakso

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/12/3-isu-yang-menghantam-abang-tukang-bakso.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

3 Isu yang Menghantam Abang Tukang Bakso

namun jangan lupa untuk meletakkan link

3 Isu yang Menghantam Abang Tukang Bakso

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger