Liburan Natal, Pemohon Paspor di Bekasi Melonjak

Written By Unknown on Sabtu, 22 Desember 2012 | 09.35

Sabtu, 22 Desember 2012 | 07:53 WIB

TEMPO.CO, Bekasi -  Jumlah pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kota Bekasi melonjak drastis menjelang liburan Natal dan tahun baru 2013. Kisaran lonjakan mencapai 200 persen dari jumlah pemohon biasanya.

Kepala Kantor Wilayah Imigrasi Kota Bekasi, Heru Santoso, mengatakan jumlah pemohon surat keterangan perjalanan ke luar negeri tersebut umumnya berjumlah 50-70 orang setiap harinya. Namun, pada akhir November-Desember tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 150-200 orang.

"Kemungkinan mereka ingin menggunakannya untuk liburan Natal dan tahun baru," ujar Heru, Jumat, 21 Desember 2012. Menurut dia, para pemohon paspor rata-rata berusia 35-50 tahun. Tujuannya pun beragam, ada yang untuk liburan, juga untuk persiapan ibadah haji tahun mendatang.

Adapun persyaratan pemohon membuat paspor, yakni dengan memberikan lampiran kartu tanda penduduk, kartu keluarga, ijazah, akta lahir, serta buku nikah. Nantinya sejumlah lampiran itu dicek oleh tim loket dan kelengkapan data bakal diverifikasi.

Heru menjelaskan, waktu pembuatan paspor pun paling lama enam hari kerja. Biayanya pembuatan sebesar Rp 255 ribu, yakni dengan rincian Rp 200 ribu untuk buku paspor setebal 48 halaman dan Rp 55 ribu untuk biaya sidik jari.

Setelah mengurus kelengkapan administrasi, Heru mengatakan, pemohon diminta untuk datang tiga hari kemudian untuk keperluan foto. Selanjutnya, pemohon menunggu hingga batas waktu yang ditentukan. "Warga yang ingin tahu informasi paspornya bisa mengecek secara online di situs www.imigrasi.co.id," ujar Heru.

Pemohon pembuatan paspor juga bisa dengan jalur online dengan cara mengunduh syarat administrasi ke situs imigrasi. Kemudian, pemohon mengikuti petunjuk untuk memilih kantor imigrasi yang dituju. Heru menambahkan, Kantor Imigrasi Kota Bekasi telah menyelesaikan pembuatan sebanyak 26.558 paspor sejak Januari-21 Desember 2012.

MUHAMMAD GHUFRON

Terpopuler:
Office Boy Bank Ini Tak Tergiur Uang Rp 100 Juta
Bahas MRT, Jokowi Ketemu Hatta Radjasa Sore Ini
Ariel Noah Diperiksa Polda Rabu Depan
Awas, Nasabah Bank Sering Jadi Sasaran Perampokan
Ahok: Rumah Sakit Negeri Tidak Kalah dengan Swasta
Liburan Natal, Bandara Soekarno-Hatta Penuh


Anda sedang membaca artikel tentang

Liburan Natal, Pemohon Paspor di Bekasi Melonjak

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/12/liburan-natal-pemohon-paspor-di-bekasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Liburan Natal, Pemohon Paspor di Bekasi Melonjak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Liburan Natal, Pemohon Paspor di Bekasi Melonjak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger