Puncak Arus Mudik Jelang Natal Diprediksi H-5

Written By Unknown on Rabu, 19 Desember 2012 | 09.35

Rabu, 19 Desember 2012 | 04:53 WIB

TEMPO.CO, Jakarta--Supervisor Terminal Penumpang Nusantara 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Syawaludin mengatakan sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi arus mudik jelang Natal dan Tahun Baru. Bahkan, ia mengaku sudah memperhitungkan kapan arus mudik mencapai puncaknya.

"Perkiraan kami, puncak arus mudiknya adalah saat H-5 atau 20 Desember 2012. Menjelang natal umumnya terjadi lonjakan karena banyak pekerja cuti dan pelajar libur,"ujar Syawaludin kepada wartawan, Selasa, 18 Desember 2012.

Syawaludin mengatakan, perkirakan puncak arus mudik pada tanggal 20 Desember 2012 didasarkan pada lama perjalanan menggunakan kapal. Dikarenakan lama perjalanan kapal untuk lintas pulau rata rata 2-3hari,maka diperkirakan arus mudik berlangsung lima hari sebelum Natal dimulai.

Syawaludin menambahkan, saat puncak arus mudik nanti, ia memperkirakan jumlah penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok akan meningkat dari sekitar 500-1000 orang per harinya menjadi 2500 orang. Untuk target selama periode 20-31 Desember 2012 sendiri, diharapkan akan ada 7000 orang penumpang.

"Untuk arus baliknya, diperkirakan terjadi pada minggu pertama Januari. Jumlah penumpangnya akan menurun menjadi kira kira 5.000 penumpang lantaran ada yang menetap dikampungnya," ujar Syawaludin melengkapi.

Syawaludin terakhir menuturkan, untuk menghadapi melonjaknya jumlah penumpang itu, pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan. Pertama, pihak pengelola pelabuhan akan menambah satu unit kapal KM Tidar tujuan ke Batam, Belawan, dan Tanjung Balai yang banyak diminati, dengan jumlah kapasitas 2.500. Jadi, total ada 23 kapal yang akan dikerahkan.

Kedua, pihak pengelola akan mengerahkan sekitar 50 petugas keamanan dan sejumlah posko terpadu, posko kesehatan, dan posko keamanan di terminal untuk melayani penumpang. Adapun pengamanan akan berasal dari Pelindo dan Kepolisian.

ISTMAN MP


Anda sedang membaca artikel tentang

Puncak Arus Mudik Jelang Natal Diprediksi H-5

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/12/puncak-arus-mudik-jelang-natal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Puncak Arus Mudik Jelang Natal Diprediksi H-5

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Puncak Arus Mudik Jelang Natal Diprediksi H-5

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger