Tiap 3 Hari 1 Bayi Dibuang di Jakarta  

Written By Unknown on Senin, 24 Desember 2012 | 09.35

Senin, 24 Desember 2012 | 04:18 WIB

TEMPO.CO , Jakarta -  Angka kasus pembuangan bayi di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada tahun 2012 meningkat dari tahun lalu. Komisi Nasional Perlindungan Anak mencatat pada tahun 2012 ada 162 bayi di Jabodetabek dilaporkan dibuang.

"Jumlah ini naik dibandingkan pada tahun 2011 sebanyak 121 bayi dilaporkan dibuang," kata Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait ketika dihubungi Tempo Ahad, 23 Desember 2012. Bahkan di tahun 2010 Komnas mencatat ada 104 bayi yang dibuang.

Arist mengatakan sebagian besar bayi yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Di tahun 2012 tercatat 129 bayi ditemukan tak bernyawa.

Menurut Arist ada dua faktor utama yang menyebabkan kasus seperti ini meningkat. Pertama adalah perilaku seks bebas di kalangan remaja. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pernah merilis hampir 35,9 persen remaja di kota besar seperti Jakarta pernah melakukan hubungan intim di luar nikah.

Hal ini, lanjut Arist, berujung pada aborsi dan juga membuang anak mereka yang lahir untuk menutupi malu. Untuk faktor ini, kata Arist, diperlukan dukungan dari keluarga atau lingkungan terdekat.

Faktor berikutnya adalah ekonomi, Arist menilai ada masyarakat yang masih berangggapan kelahiran anak semakin mempersulit ekonomi mereka. "Mereka memilih membuang anak mereka agar karena dinilai beban ekonomi," ujarnya.

Sementara itu data dari Kepolisian Daerah Metro Jaya juga menunjukan kenaikan untuk kasus serupa. Polda Metro mencatat pada tahun 2011 ada 43 bayi yang dibuang sedangkan 2012 naik menjadi 58 bayi.

SYAILENDRA

Berita terpopuler lainnya:
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas Ikut Misa Natal
Polah Dahlan Iskan di Jam Makan Siang
Samsung Galaxy Grand, Layar Jumbo Resolusi Mini


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiap 3 Hari 1 Bayi Dibuang di Jakarta  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2012/12/tiap-3-hari-1-bayi-dibuang-di-jakarta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiap 3 Hari 1 Bayi Dibuang di Jakarta  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiap 3 Hari 1 Bayi Dibuang di Jakarta  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger