Banjir, Jakarta Utara dan Barat Rawan Penyakit  

Written By Unknown on Senin, 21 Januari 2013 | 09.35

Senin, 21 Januari 2013 | 08:44 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Dinas Kesehatan Dien Emmawati menyatakan, kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat merupakan kawasan yang paling rawan masalah kesehatan akibat banjir yang melanda Jakarta. "Kalau daerah lain sudah surut, jadi potensi risiko kesehatan terbesar adalah di Utara dan Barat," katanya di Balai Kota, Ahad, 20 Januari 2013.

Dien mengatakan, dua kawasan yang paling rentan wabah penyakit akibat banjir adalah Muara Baru dan Rawa Buaya. Menurut dia, sulitnya akses ke dua daerah itu membuat tim dokter dan logistik bantuan dari Dinas Kesehatan sulit didistribusikan.

Akses di Rawa Buaya, menurut Dien, sulit lantaran banjir menggenangi hampir seluruh jalan masuk di Cengkareng. "Paling parah di Muara Baru. Dari Pluit ke tempat pengungsian di Rusun Muara Baru itu perlu waktu dua jam naik perahu," katanya.

Proses pengobatan para pengungsi pun terhambat oleh minimnya ketersediaan listrik untuk operasional para dokter. Karena itu, mau tidak mau operasional dokter dibatasi hingga pukul 18.00 WIB. "Daripada salah berikan obat kepada masyarakat," ujarnya.

Tercatat, hingga hari ini, jumlah pengungsi di dua kawasan rawan itu mencapai 5.300 orang. "Muara Baru ada 3.000 orang, sisanya Rawa Buaya," ujarnya.

Dinas kesehatan juga mencatat, hingga hari ini, sudah 21 ribu orang yang mendapatkan perawatan dari posko-posko banjir Dinas Kesehatan maupun puskesmas dan rumah sakit. Para pasien itu menderita penyakit batuk dan flu, infeksi saluran pernafasan akut, gatal-gatal, dan diare. "Dan kalau untuk persedian obat, kami masih sangat cukup," katanya.

Dari 128 posko, Dien menyatakan sudah mengerahkan 400 dokter, termasuk dua dokter spesialis penyakit dalam dari Dinas Kesehatan. Jumlah dokter itu juga ditambah 84 dokter dari FKUI dan 20 dari Universitas Trisakti. "Untuk tenaga medis, saat ini kami alihkan sebagian besar untuk wilayah Jakarta Utara dan Barat," ujarnya.

DIMAS SIREGAR


Anda sedang membaca artikel tentang

Banjir, Jakarta Utara dan Barat Rawan Penyakit  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/01/banjir-jakarta-utara-dan-barat-rawan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banjir, Jakarta Utara dan Barat Rawan Penyakit  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banjir, Jakarta Utara dan Barat Rawan Penyakit  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger