'Benahi Tata Ruang, Solusi Jitu Masalah Ibu Kota'  

Written By Unknown on Kamis, 31 Januari 2013 | 09.35

Warga membawa barang bantuan melintas di genangan banjir di Jalan Raya Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (24/1). ANTARA/Yudhi Mahatma

Kamis, 31 Januari 2013 | 06:29 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Berbagai persoalan yang melanda wilayah Jakarta, tidak akan habis jika diurai satu persatu. Mulai dari banjir, sampah hingga transportasi. Pengamat tata kota, Marco Kusumawijaya dan pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia Andrinof Chaniago sepakat hal utama yang harus dilakukan adalah membenahi tata ruang kota.

Menurut Marco salah satu hal yang mesti dicari solusinya adalah masalah banjir yang terjadi di Jakarta yang merupakan penyakit lama. "Tata kota yang mesti dibenahi, itu solusinya. Bukan angkutan umum," ujar dia dalam diskusi 100 Hari Jokowi-Ahok di Jakarta, Rabu 30 Januari 2013.

Marco menyebut kalau tata kota sudah rusak, maka akan mengalami kesulitan yang besar untuk mengatasi berbagai persoalan. Karena itu, Marco mengatakan harus ada perbaikan yang dilakukan dengan teknologi yang maju. "Partisipasi masyarakat sangat penting untuk bertukar pendapat. Tapi hampir 90 persen itu tidak dilakukan," ucapnya.

Menurut dia, percuma angkutan umum dibenahi, jika tata kota tidak dilakukan. "Di Singapura yang menggunakan transportasi publik 15-20 persen, hongkong 5 persen sedangkan Indonesia menargetkan 60 persen dalam mengurangi kemacetan. Itu tidak masuk akal, karena yang paling utama adalah pembenahan tata kota," katanya.

Pernyataan Marco ditimpali Andrinof. Menurut dia, problem kemacetan yang terjadi di Jakarta, tidak hanya karena kurangnya transportasi publik yang dimiliki melainkan karena tata kota yang kurang bagus. "Saya sepakat perkataan Marco, mesti dibenahi tata ruang. Itu solusinya,"ujar dia.

Namun demikian, ia juga patut mengacungi jempol kepada Jokowi-Ahok sebab kedua pemimpin ini tidak hanya duduk dibelakang meja tetapi terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya. "Dilihat dari sudut pandang kebijakan publik, buat saya 100 hari memang penting. Tapi jangan sampai menjadi statistik," ucapnya.

ARDIANSYAH RAZAK BAKRI

Berita terpopuler lainnya:
Gadis Seksi di Operasi Tangkap Tangan KPK
Irwansyah Bebas, Raffi Ahmad: Yah Lu Pulang...
Melongok Rumah Raffi Ahmad di Lebak Bulus
KPK Tangkap Perantara Suap Politikus
Presiden PKS Jadi Tersangka Suap Impor Daging
KPK Tangkap Tangan Tiga Pelaku Suap
Skandal Suap PKS, Ada Wanita Sedang Bermesraan


Anda sedang membaca artikel tentang

'Benahi Tata Ruang, Solusi Jitu Masalah Ibu Kota'  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/01/benahi-tata-ruang-solusi-jitu-masalah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

'Benahi Tata Ruang, Solusi Jitu Masalah Ibu Kota'  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

'Benahi Tata Ruang, Solusi Jitu Masalah Ibu Kota'  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger