Ketinggian Air di Tol Jakarta-Merak Meningkat  

Written By Unknown on Jumat, 11 Januari 2013 | 09.35

Kamis, 10 Januari 2013 | 21:55 WIB

TEMPO.CO, Tangerang -- Banjir yang menggenangi jalan tol Tangerang-Merak hingga Kamis petang, 10 Januari 2013, belum menampakkan tanda-tanda akan surut.

"Ketinggian air di Km 57-59 cenderung meningkat," kata Manajer Humas PT Marga Mandala Sakti, Rakhmatullah, kepada Tempo, Kamis petang 10 Januari 2013.

Menurut Rakhmatullah, peningkatan volume air terjadi karena di wilayah selatan Banten masih turun hujan dengan curah yang cukup tinggi. Akibatnya, Sungai Ciujung yang berada di bawah jalan tol tersebut terus meluap. Tingginya air di Km 57-59 membuat pengelola jalan tol menutup jalan tol dari arah Merak ataupun arah Jakarta sejak pukul 00.00 dinihari. Arus kendaraan dari arah Merak dialihkan keluar tol Ciujung melalui jalan nasional, yaitu Jalan Raya Cikande dan Jalan Raya Serang hingga masuk tol  Balaraja Barat.

Sementara itu, arus kendaraan dari arah Jakarta dialihkan keluar tol Balaraja Barat melalui Jalan Raya Serang, Jalan Raya Cikande, hingga masuk tol Ciujung. Namun pengalihan kendaraan tersebut tetap membuat arus lalu lintas di jalan tol tersebut macet total hingga puluhan kilometer.

Berdasarkan pantauan Tempo Kamis sore, antrean kendaraan dari arah Jakarta mencapai 10 kilometer lebih dari Karawaci Tangerang hingga pintu tol Balaraja Barat. Arus kendaraan cenderung hampir tidak bergerak karena di pintu tol dan jalan arteri, yaitu Jalan Raya Serang, juga dipenuhi kendaraan dengan kemacetan yang menggila.

Menurut Rakhmatullah, kemacetan lalu lintas yang terjadi di jalan tol Tangerang-Merak ataupun di jalan arteri merupakan dampak dari pengalihan arus lalu lintas karena banjir di wilayah Serang. "Ini tidak bisa dihindari," katanya.

Untuk kemacetan di jalur tol arah Jakarta, kata dia, sejak pagi hingga siang petugas telah mencoba mengurai sedikit demi sedikit kemacetan dengan meminta pengendara memutar balik kendaraan atau keluar di pintu tol terdekat. "Ini cukup mengurangi kemacetan," katanya.

Namun, sore ini kemacetan kembali meningkat karena volume kendaraan meningkat dan masuk dalam jam sibuk. "Jam pulang kerja, sehingga volume kendaraan meningkat," kata Rakhmatullah.

JONIANSYAH

Berita Lainnya:


Anda sedang membaca artikel tentang

Ketinggian Air di Tol Jakarta-Merak Meningkat  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/01/ketinggian-air-di-tol-jakarta-merak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ketinggian Air di Tol Jakarta-Merak Meningkat  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ketinggian Air di Tol Jakarta-Merak Meningkat  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger