Rusun Buruh Disewakan Rp 50 Ribu per Bulan

Written By Unknown on Minggu, 10 Februari 2013 | 09.35

Minggu, 10 Februari 2013 | 04:31 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perumahan Rakyat segera merealisasikan pembangunan 45 tower rumah susun (Rusun) untuk kalangan buruh tahun ini. "Segera setelah selesai block plan, langsung kami pasang tiang pancang, tidak usah menunggu Keputusan Presiden," ujar Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, Sabtu, 9 Februari 2013.

Pembangunan fasilitas rusun buruh dimaksudkan untuk mengurangi beban hidup akibat mahalnya biasa sewa atau kos yang diderita buruh saat ini. Dengan berkurangnya beban sewa tempat tinggal, diharapkan kiriman untuk keluarga buruh di kampung halaman menjadi lebih besar.

Dalam rusun itu, buruh bakal menikmati fasilitas layaknya hotel. Untuk satu kamar berkuran 21 meter persegi dapat diisi 4 buruh dengan spesifikasi 4 kamar tidur plus satu televisi. "Yang boleh masuk hanya buruh saja, keluarganya tetap di kampung," kata dia.

Dengan terobosan itu, diharapkan uang kiriman yang disampaikan buruh untuk keluarganya lebih besar. "Sewanya cuma Rp 50 ribu satu bulan, jadi biaya sewa rumah yang kemarin Rp 400 ribu jadi Rp 50 ribu, sisanya Rp 350 ribu kirim ke kampung," kata dia.

Untuk tahan awal, Kementerian bakal membuat enam tower di kawasan Rawabebek, Jakarta Timur, sedangkan wilayah lainnya di luar jawa bakal segera menyusul. "Di rawa bebek sebagai percontohan bagi Jabodetabek," kata dia.

Total tahun ini kata Djan, lembaganya siap merealiasasikan pembangunan 45 tower rusun buruh di seluruh wilayah Indonesia atau sekitar 25 ribu buruh di beberapa titik kawasan industri di Indonesia. "Satu tower bisa diisi sekitar 600 buruh," kata dia.

Beberapa daerah yang telah menjadi fokus pembangunan selain wilayah Jabodetabek yakni Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Banten, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Makassar, Ujung Pandang, Sumetara, dan Bali. "Kita bangun 45 seluruh Indonesia tahun ini sekaligus," kata dia.

Untuk satu tower rusun kata Djan, lembaganya merogoh kocek sekitar Rp 16 miliar, total anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 720 miliar dengan menggunakan pendanaan seluruhnya dari kas Anggaran Pendapatan Banja Negara (APBN) 2013.

JAYADI SUPRIADIN

Berita terpopuler lainnya:
Hujan Lebat Guyur Jakarta Barat dan Selatan
Ekspor Durian Thailand ke Indonesia Terancam Turun 
Bakrie Bantah Akan Jual Viva Group
Villas-Boas: Sissoko Pembelian Terbaik Newcastle 
XL Targetkan Jumlah Iklan Mobile Naik 
Besok Imlek, Jakarta Kembali Hujan dan Banjir 
Redknapp: Bale Seperti Ronaldo


Anda sedang membaca artikel tentang

Rusun Buruh Disewakan Rp 50 Ribu per Bulan

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/02/rusun-buruh-disewakan-rp-50-ribu-per.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rusun Buruh Disewakan Rp 50 Ribu per Bulan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rusun Buruh Disewakan Rp 50 Ribu per Bulan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger