KJS Tidak Terkontrol Bikin APBD Jebol

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 09.35

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menunjukkan tanda layanan gratis di Puskesmas Bukit Duri, Kampung Melayu, Jakarta, Senin (12/11). Selain membagikan Kartu Jakarta Sehat, Jokowi juga memeriksa distribusi kartu tersebut di kelurahan Bukit Duri. TEMPO/Tony Hartawan

Rabu, 03 April 2013 | 06:37 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia menilai pengelolaan dana kesehatan DKI Jakarta yang tidak tepat bisa berkibat fatal. "Sebesar apa pun dana kesehatan APBD bisa jebol," kata ketua IDI Zaenal Abidin ketika dihubungi pada Selasa, 2 April 2013.

Menurut Zaenal, dana kesehatan terutama setelah munculnya program Kartu Jakarta Sehat harus dikelola dalam sistem yang rapi. Idealnya sistem yang baik menurut Zaenal adalah komunikasi dengan rumah sakit dan tenaga medis termasuk dokter.

Artinya, kata dia, Pemerintah Jakarta harus mampu menghitung bagaimana kemampuan rumah sakit dan dokter serta kondisi masyarakat. Alasannya, menurut dia, setelah munculnya KJS banyak rumah sakit termasuk dokter yang kewalahan.

Jumlah pasien menurut dia membludak. Bahkan ada dokter yang menangani 70 pasien per hari. Padahal idealnya sekitar 30 pasien per hari.

Apalagi saat ini Jakarta menggandeng PT Askes dalam menjalankan program KJS. Di satu sisi menurut Zaenal baik dari segi admininstrasi klaim. "Tapi harus tetap dikontrol dengan ketat," katanya.

Karena gelombang masyarakat yang akan berobat diprediksi meningkat. Hal ini karena biaya kesehatan yang akan semakin murah.

SYAILENDRA

Berita terpopuler lainnya:
'Postingan Idjon Djanbi Tak Bisa Dipertanggungjawabkan' 
Pati, Kota Seribu Paranormal
6 Miliarder Dunia, Hidup Mewah Tanpa Bekerja
Gara-gara Dahlan Iskan, Dirut RNI Diusir DPR


Anda sedang membaca artikel tentang

KJS Tidak Terkontrol Bikin APBD Jebol

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/04/kjs-tidak-terkontrol-bikin-apbd-jebol.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KJS Tidak Terkontrol Bikin APBD Jebol

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KJS Tidak Terkontrol Bikin APBD Jebol

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger