Ratusan Perusahaan di Tangerang Liburkan Buruh  

Written By Unknown on Rabu, 01 Mei 2013 | 09.35

Ratusan buruh yang tergabung dari berbagai aliansi melakukan aksi menyalakan lilin di taman pemkot kota Tangerang, Banten, Senin (29/4). Aksi tersebut dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan buruh yang telah gugur dan untuk menyambut hari buruh sedunia May Day pada 1 mei mendatang. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Tangerang - Sekitar 100 perusahaan di wilayah Kabupaten Tangerang meliburkan kegiatan produksi dan karyawannya pada hari ini, Rabu, 1 Mei 2013 yang bertepatan dengan May Day. Meliburkan karyawan adalah salah satu langkah antisipasi untuk menghindari aksi sweeping dan tindakan lainnya dalam aksi buruh. "Ada sekitar 100 perusahaan yang hari ini libur total," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Heri Heryanto, kepada Tempo.

Heri mengatakan keputusan sejumlah perusahaan untuk meliburkan karyawan pada May Day sebagai tindakan antisipasi pengamanan karyawan dan perusahaan. "Ada juga perusahaan yang tetap bekerja, tukar shift, dan tukar hari kerja. Semua tergantung pada perusahaan," katanya.

Soal banyaknya perusahaan yang tidak beroperasi hari ini diakui oleh Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Tangerang Juanda Usman. "Cukup banyak yang libur dengan alasan keamanan," kata dia. Akan tetapi, libur kerja hari ini akan digantikan dengan hari lain. "Hanya tukar hari kerja saja," katanya.

Juanda mengatakan, industri yang meliburkan karyawannya hari ini akan menggantikan hari kerja lainnya seperti Sabtu dan Minggu. "Tetapi ada juga perusahaan yang siang ini libur, bekerja shift malam," ujarnya. Hal itu dilakukan untuk menimalisir kerugian perusahaan." Karena kalau libur kegiatan produksi tidak berjalan, yang rugi kan perusahaan," katanya.

Untuk wilayah Tangerang Raya yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, lebih dari 16 ribu buruh turun ke jalan untuk menggelar aksi di sejumlah titik.

JONIANSYAH

Baca Berita Populer Lainnya:
Jaksa Waspadai Pengawalan Bersenjata Susno
Kolonel ASB Memakai Sabu Sejak 2004 
SBY: Harga BBM Naik kalau Ada Dana Kompensasi 
Di Persembunyian, Susno Punya Pengawal 
Tamerlan Tewas Ditembak Atau Ditabrak?  


Anda sedang membaca artikel tentang

Ratusan Perusahaan di Tangerang Liburkan Buruh  

Dengan url

http://kotabesarana.blogspot.com/2013/05/ratusan-perusahaan-di-tangerang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ratusan Perusahaan di Tangerang Liburkan Buruh  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ratusan Perusahaan di Tangerang Liburkan Buruh  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger